Dana Porprov Capai Rp51 Miliar, DPRD Kota Malang Ingatkan Efisien dan Hati-Hati

Pimpinan Sementara DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika
Sumber :
  • VIVA Malang (Uki Rama)

Malang, VIVAKota Malang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porprov Jatim 2025 bersama Kota Batu dan Kabupaten Malang. Khusus Kota Malang anggaran yang bakal diajukan cukup fantastis mencapai Rp51 miliar. 

Minim SDM Kendala Utama Pengelolaan di TPA Tlekung Kota Batu

Pimpinan Sementara DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengingatkan agar berhati-hati dalam pemanfaatan anggaran karena yang diajukan cukup besar. 

Dia membenarkan Porprov Jatim 2025 masuk dalam salah satu kegiatan prioritas Pemkot Malang di 2025 nanti namun anggaran yang besar bukan persoalan sepela. Semua harus dilakukan efisien dan hati-hati. 

Retribusi Parkir Pasar Induk Among Tani Batu Lebihi Target, Capai Rp2,294 Miliar

"Porprov ini bukan hal sepele, ternyata anggarannya Rp 51 miliar. Ini belum dianggarkan di APBD murni 2025. Logikanya jika pengeluaran bertambah, di satu sisi pendapatan tidak bertambah, maka pengeluaran (OPD) lain yang harus dikurangi," kata Made, Rabu, 11 September 2024. 

Made mengatakan, jika PAD 2025 nantinya tidak bertambah sementara pengeluaran APBD bertambah. Efeknya akan terjadi pergeseran anggaran di OPD lain. Dengan dana yang fantastis, gelaran Porprov berpotensi merubah postur anggaran OPD di Pemkot Malang.

Dikenal Kondusif, Kota Batu Siap Jadi Tuan Rumah Musyawarah Daerah BAMAG se-Jatim

Made menuturkan, bahwa ada usulan menggelar rakor khusus penyelenggaraan Porprov Jatim 2025. Rakor khusus akan digelar bersama KONI Kota Malang

"Buat rakor khusus di KONI, karena anggarannya tidak kecil. Jadi perlu hati hati dalam pemanfaatannya. Saya sepakat ini diserahkan ke Disporapar," ujar Made. 

Halaman Selanjutnya
img_title