Hakim Anggap Dalih Pelecehan Seksual Yang Dialami Putri Candrawathi Tidak Masuk Akal

Hakim Ketua Sidang Ferdy Sambo Wahyu Iman Santosa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

MalangMajelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan klaim Putri Candrawathi sebagai korban pelecehan seksual oleh Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J tidak berdasar dan tidak ada bukti pendukung. 

Erick Thohir Ungkap Nathan Siap Perkuat Indonesia U23 saat Lawan Korea Selatan U23 di Perempat Final

Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso mengatakan, terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang mengatakan ada peristiwa pelecehan seksual di Magelang yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi tidak berdiri sendiri. 

Hakim mengatakan korban Yosua selama ini adalah ajudan atau bawahan Ferdy Sambo yang bekerja untuk mendampingi istrinya, yakni Putri Candrawathi. Disamping itu, Yosua juga berada dalam tanggungan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. 

Indonesia U23 Lawan Negara Shin Tae-yong di Perempat Final Piala Asia U23 2024

Atas dasar relasi kuasa antaran atasan-bawahan tersebut, majelis hakim menegaskan kecil kemungkinan korban Yosua melakukan kekerasan seksual terhadap Putri Candrawathi. Selain itu, tidak ada fakta pendukung Putri Candrawathi mengalami trauma akibat pelecehan akibat perkosaan.

Hal itu dibuktikan dengan keterangan di persidangan bahwa Putri Candrawathi memanggil Yosua ke kamarnya usai peristiwa pelecehan seksual di Magelang. Padahal, tidak mudah bagi korban pelecehan seksual untuk bertemu dengan pelakunya, bahkan ada yang sampai tidak sanggup hingga bunuh diri.

Polisi Ungkap Identitas Mayat Yang Ditemukan di Kebun Tebu Jombang

"Sangat tidak masuk akal dalih pelecehan seksual yang dialami Putri Candrawathi tersebut," kata Wahyu saat menyampaikan pertimbangan dalam sidang vonis kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo di PN Jakarta Selatan, dikutip VIVA.co.id Senin, 13 Februari 2023.

Kemudian, terdakwa Ferdy Sambo yang menerima informasi adanya pelecehan seksual yang dialami Putri Candrawathi tidak langsung melakukan pemeriksaan kesehatan atau visum rekam medis sebagai bukti pendukung pelecehan seksual.

Halaman Selanjutnya
img_title