Lebih Dalam Mengenal Hadist yang Dikaitkan Dengan Film Ipar Adalah Maut

Dosen Prodi Hukum Keluarga Islam FAI UMM Dr. Syamsurizal Yazid, M.A.
Sumber :
  • Dok Humas UMM

Malang, VIVA – Film berjudul Ipar Adalah Maut tengah ramai diperbincangkan karena membuat para penonton geram akan alur ceritanya. Banyak yang beranggapan bahwa judul film mengambil dari kutipan hadits Rasulullah yang bermakna sama.

Tak Libatkan Warga Sebagai Karyawan, Tempat Usaha Helm di Jombang Jadi Sorotan

Film yang dirilis pada Juni tersebut diangkat dari kisah nyata follower atau pengikut seorang konten kreator Tiktok bernama Eliza Sifa.

Ahli Hadits sekaligus dosen Prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr. Syamsurizal Yazid, M.A. membahas lebih dalam apa yang menyebabkan turunnya hadits tersebut. 

Sengkarut PPDB, Warga Jombang Demo Minta Menteri Pendidikan Dicopot

Asbabun nuzul atau munculnya hadits tersebut, ialah dari Uqbah bin Amir radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda. 

“Berhati-hatilah kalian masuk menemui wanita”. Lalu seorang laki-laki Anshar berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Anda mengenai ipar?” Beliau menjawab, “Hamwu (ipar) adalah maut.” (HR. Bukhari no. 5232 dan Muslim no. 2172). 

Secara Lisan Gus Halim Sampaikan Rekom PKB Di Pilwali Kota Malang Untuk Abah Anton

Hamwu yang dimaksud dalam hadits diatas bukan hanya ipar saja namun setiap kerabat dekat istri yang bukan mahram. Hadits di atas juga mengajarkan larangan berdua-duaan dengan wanita yang bukan mahram. Karena dalam hadits sudah disebutkan pula hal lainnya. 

“Janganlah salah seorang di antara kalian berdua-duaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya.” (HR. Ahmad 1: 18. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih, para perawinya tsiqah sesuai syarat Bukhari-Muslim).

Halaman Selanjutnya
img_title