Saat Parade Pratnyaparamita ing Malang Tampil di Karnaval Budaya Nusantara Apeksi 2024

Parade Pratnyaparamita ing Malang dalam Karnaval Budaya Nusantara
Sumber :
  • Dok Prokopim Pemkot Malang

Malang, VIVA – Parade Pratnyaparamita ing Malang ditampilkan oleh Delegasi Pemerintah Kota Malang Karnaval Budaya Nusantara. Ini adalah even yang menjadi rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII Tahun 2024 di Kota Balikpapan, pada Rabu, 5 Juni 2024 kemarin. 

Kades di Jombang Klaim Pekerjaan Aspal Gunakan Dana Pribadi, Ini Penjelasan Warga

Keindahan seni dan budaya Kota Malang ini dinikmati oleh para tamu dan warga Balikpapan yang hadir di area Dome, Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) malam itu. 

Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat didampingi Penjabat Ketua TP PKK Kota Malang Hanik Andriani Wahyu Hidayat yang kompak mengenakan busana Malangan menyambut rombongan pawai budaya dari Kota Malang. 

Pusat Data Nasional Diretas, Ini Kata Jagoan Hosting

Art Director tim delegasi Kota Malang Robby Hidajat mengatakan Parade Pratnyaparamita ing Malang adalah perayaan budaya spektakuler yang menampilkan keragaman dan kekayaan tradisi warisan budaya Kota Malang. 

“Diawali segmen tolak balak, menampilkan bala tantara caplokan kucingan dan celeng pengganggu pertanian. Selanjutnya persembahan tari edan-edanan dengan gerakan ritmis penuh semangat melambangkan tolak balak untuk mengusir dan membersihkan energi negatif," kata Robby. 

Maraknya Co-Working Space di Malang, Andien: Perlunya Penguatan Ekosistem

Kemudian ada penampilan Dayang Putri Kedaton yang menyertai Ratu Ken Dedes mengenakan kostum megah menggambarkan bunga teratai nan anggun yang merepresentasikan kesucian. 

“Tak hanya itu, Barisan Prajurit Tombak Braja menampilkan sosok barisan prajurit yang dengan gagahnya memegang senjata tradisional sebagai gambaran kekuatan dan keberanian. Parade budaya ini turut menyertakan lurah se-Kota Malang yang mengenakan kostum tradisional,” ujar Robby. 

Halaman Selanjutnya
img_title