Bisnis Kosmetik Indonesia Terus Tumbuh

ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • pixabay

Malang – Perekonomian Indonesia terus menunjukkan iklim positif. Salah satunya, bisnis kosmetik yang terus mengalami pertumbuhan.

Stabilitas Keamanan Jadi Poin Penting Paparan Pemkot Batu pada Insepktorat Kemendagri RI

Saat ini, sederet merek kosmetik Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah bagus dengan merek milik Cina, India, Korea, Malaysia maupun Singapura. 

"Keunggulan yang dimiliki oleh kosmetika lokal Indonesia seperti kosmetik tematik berkarakter dapat menjadi nilai plus yang kita miliki untuk dapat bersaing dengan produk dari negara lain," terang Ketua Umum Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK), Solihin Sofian dalam pameran kecantikan Cosmobeaute Indonesia 2022. 

Kasus Pelajar SD Terancam Buta Permanen di Jombang, Polisi Tetapkan Guru Sebagai Tersangka

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), industri kosmetika yang meliputi sektor industri farmasi, kimia, dan obat tradisional mengalami pertumbuhan mencapai 9,61 persen di tahun 2021. 

Di samping itu, BPOM RI mencatat, industri kosmetika mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga 20,6 persen.

DPRD Kota Malang Apresiasi Silpa 2023 Kota Malang Turun

Sebanyak 819 industri kosmetika bertambah menjadi 913 industri terhitung dari tahun 2021 hingga Juli 2022. Peningkatan industri kosmetik tersebut didominasi oleh sektor UMKM, yakni sebesar 83 persen, hal ini menunjukkan besarnya potensi dan peluang dalam industri kosmetika khususnya di Indonesia. 

Salah satu ajang yang mendukung pertumbuhan industri kosmetik adalah Cosmobeaute Indonesia. Kegiatan inu bisa memberikan peluang agar kosmetik Indonesia bisa dikenal di pasar global.

Pameran ini telah terbukti mampu menjadi penghubung berbagai merek dari luar negeri dengan potensial distributor di Indonesia, sekaligus memperkenalkan merek lokal Indonesia di kalangan potensial distributor luar negeri yang juga datang ke pameran.

Di tahun ini, Cosmobeautè Indonesia meningkatkan standar penyelenggaraan pameran dengan menerapkan program sustainability dengan tema 'Recycling Cosmetics Packaging Waste' selama pameran berlangsung.

Program ini bekerja sama dengan PT Wasteforchange Alam Indonesia (Waste4Change) yang merupakan perusahaan penyedia layanan pengelolaan sampah dengan visi mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir.

Melalui program ini Cosmobeautè Indonesia menunjukkan keberpihakan dan wujud nyata terhadap upaya pelestarian dan perbaikan lingkungan.

Sebagai pameran kecantikan terbesar, penyelenggaraan Cosmobeautè Indonesia 2022 menjadi penanda bangkitnya bisnis industri kecantikan dan pendukungnya di mana negara masih breeding menghadapi COVID-19 serta situasi global saat ini.

Diharapkan, Cosmobeautè Indonesia 2022 dapat terus mendorong daya saing industri kecantikan Indonesia dalam negeri dan mewadahi para pelaku usaha dari berbagai wilayah Indonesia untuk semakin memperkaya kreativitas dan ide di bidang kecantikan.