Di Hari Pelanggan, BTN Pastikan Nasabah Aman Dari Kejahatan Skimming

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar bersama nasabah
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Di momen peringatan Hari Pelanggan Nasional Bank Tabungan Negara (BTN) memastikan nasabah mereka aman dari kejahatan Skimming atau kejahatan elektronik yang bisa menyedot saldo para nasabahnya.

Konser Tunggal Primitive Chimpanzee Sukses Obati Kerinduan Pecinta Musik Bawah Tanah di Malang

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar menuturkan keamanan para pelanggan menjadi prioritas mereka. Mereka terus berusaha memperbaiki sisi Teknologi Informasi disamping meluncurkan BTN Mobile Banking. 

"Tentu kami sangat memperhatikan dari awal Bank BTN ya dari sisi IT-nya. Kami punya tiga divisi ya baik itu divisi dari sisi perencanaan IT-nya dan digital. Kemudian dari sisi operasionalnya. Kemudian dari sisi keamanan atau security-nya. Jadi 3 aspek ini sudah kami perhatikan dari awal," kata Hirwandi saat di kantor BTN Syariah Malang, Senin, 4 September 2023. 

Ingin Developer Game Lokal Naik Kelas, AMD Kenalkan Teknologi Terbaru

Hirwandi menuturkan maraknya kasus skimming di bank lain membuat mereka semakin meningkatkan alarm keamanan BTN baik konvensional maupun syariah. Pembenahan demi pembenahan mereka lakukan agar keamanan pelanggan benar terjamin. 

"Alat yang kami buat akan kami uji terus ya kami mengujinya di internal. Kami coba membuat simulasi," ujar Hirwandi. 

Pasangan Calon Independen HC-Rizky Dinyatakan Penuhi Syarat Dukungan KPU Kota Malang

Dia menuturkan di internal pegawai BTN sosialisasi dan edukasi terus diberikan terutama berkaitan dengan kejahatan elektronik. Katanya, tindak pidana skimming bisa masuk melalui orang dalam yang tidak menyadari bahwa dia sedang. dimanfaatkan. 

"Itu kan dia kirim satu pesan atau email begitu dibuka apalagi eh apa namanya mengetik atau mengklik satu pesan dan kirim lagi nah itu udah masuk. Jadi begitu dia masuk dia bisa mudah. Nah sekarang BTN membuat security yang ya Insya Allah itu akan lebih aman," tuturnya. 

Hirwandi menuturkan BTN terus melakukan perubahan dan perbaikan layanan sesuai harapan pelanggan. Menurutnya, BTN terus mengembangkan layanan, hingga melakukan transformasi. 

"Bagaimana pertumbuhan bisnis kedepan itu tumbuh dengan sehat kemudian juga memberikan pelayanan yang lebih bagus kepada masyarakat. Kemudian aktivitas lain yang kami lakukan adalah tadi berkomunikasi dengan nasabah secara langsung dan juga memberikan apresiasi mereka karena sudah menjadi nasabah," kata Hirwandi.