Warga Malang Kehilangan Rp549 Juta, BRI Sebut Kesalahan Nasabah Karena Bocorkan Data

Nasabah BRI Irwan Gema.
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA – Pemimpin Kantor Cabang BRI Malang Soekarno Hatta, Ronaldo Nasution memberikan tanggapan atas kasus hilangnya uang Rp549 juta milik Irwan Gema (67 tahun). Irwan kehilangan uang setelah mengklik file Pdf yang dikirim oleh orang asing ke aplikasi whatsapp di handphone miliknya. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Ronaldo menganggap korban telah membocorkan data transaksi perbankan yaitu kode OTP ke pihak lain yang tidak bertanggungjawab. BRI mengaku menyesalkan kejadian ini. 

Dalam posisi ini Irwan dianggap menjadi korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Kejadian tersebut akibat yang bersangkutan (korban) membocorkan data transaksi perbankan (kode OTP) yang bersifat pribadi dan rahasia pada pihak yang tidak bertanggungjawab," kata Ronaldo, Senin, 17 Juli 2023.

BRI menyebut Irwan adalah korban dari modus penipuan melalui aplikasi yang tidak resmi atau bodong. Dalam kejahatan ini, aplikasi yang diinstal korban tanpa disadari memberikan persetujuan untuk mengizinkan aplikasi bodong tersebut mengakses aplikasi pesan pendek SMS.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Kejahatan perbankan pun dapat terjadi, karena data transaksi perbankan (kode OTP) yang bersifat pribadi dan rahasia dikirimkan melalui SMS. Alhasil, transaksi perbankan dapat berjalan sukses," ujar Ronaldo. 

Ronaldo menuturkan dalam kasus seperti ini, BRI akan mengganti rugi nasabah jika kelalaian diakibatkan oleh sistem mereka. Langkah yang diambil BRI saat ini adalah melakukan investigasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title