Pastikan Maju Pilkada 2024, Siapa Sosok yang Didekati Kris Dayanti ?

KD saat mendapat rekomendasi maju Pilkada dan surat tugas dari DPP.
Sumber :
  • Humas DPC PDIP Kota Batu.

Batu, VIVA – Kris Dayanti (KD) resmi mengumumkan pencalonannya sebagai bakal calon Kepala Daerah di Pilkada Kota Batu 2024. Kepastian ini diterima KD setelah menghadiri penyerahan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan kepada pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di DPD PDI Perjuangan Surabaya pada Selasa, 30 Juli 2024 kemarin.

Ribuan Warga Ikuti Pengajian Akbar Gus Iqdam di Kota Batu

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan jika kemarin memang ada penyerahan rekomendasi kepada tujuh daerah (DPC), termasuk untuk Kota Batu. KD pun mendapat surat tugas dari DPP PDI Perjuangan telah diterbitkan dengan nomor 3170/VII/2024. 

"Jadi surat tugas tersebut menugaskan KD untuk maju sebagai Bakal Calon Kepala Daerah di Pilkada Kota Batu. Atas rekomendasi tersebut, kami dan KD diinstruksikan untuk melakukan konsolidasi pemenangan Pilkada 2024, mulai dari DPP, DPD, DPC, hingga anak ranting. Konsolidasi ini harus disiapkan atau diselesaikan dalam waktu dua minggu setelah surat tugas diberikan hari ini," katanya, Rabu, 31 Juli 2024.

Komitmen Dengarkan Masyarakat Paslon Guru Open House 'Zona Sejuk' Kota Batu

Selain konsolidasi internal partai, DPC dan KD juga diinstruksikan untuk melakukan konsolidasi eksternal dengan menyiapkan partai politik pendukung untuk membentuk koalisi. Meskipun, lanjut Punjul, DPC PDI Perjuangan bisa maju sendiri dengan enam kursi, atau telah memenuhi aturan 20 persen dari total 30 kursi di DPRD Kota Batu dalam Pileg 14 Februari lalu.

"Nah DPC juga diminta untuk bekerja sama dengan DPD dalam membuat pemetaan politik terkait situasi dan kondisi Pilkada Kota Batu 2024," ujarnya.

Muslimat dan Fatayat NU Berkontribusi Luar Biasa Terhadap Perekonomian Kota Batu

Ketika ditanya mengenai siapa yang akan menjadi wakil KD dalam Pilkada, Punjul mengungkapkan bahwa beberapa calon telah masuk dalam peta PDI Perjuangan. Selain dari Gerindra, ada Heli Suyanto dan Sokek (Direktur Perumdam Among Tirto), serta beberapa nama baru yang menjadi bakal calon wakil KD.

"Terkait wakil KD dan partai koalisi, kami sudah berkomunikasi dengan partai lain, di antaranya dengan Nasdem melalui Mas Dewa dan PKS melalui Pak Ludi. Ini akan segera kami tindak lanjuti," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title