Hasil Pleno Pileg 2024, PKB Akhiri Dominasi PDI Perjuangan di Kota Batu

Rapat pleno KPU Kota Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPKB dan PDIP Kota Batu sama-sama mendapatkan enam kursi legislatif. Setelah itu disusul PKS dengan lima kursi, Gerindra empat kursi, Golkar empat kursi, Partai Nasdem dan PAN dua kursi serta Partai Demokrat satu kursi. 

Dianggap Figur Kuat, Partai Golkar Kota Malang Pertimbangkan Wahyu Hidayat

Hal itu terlihat setelah KPU Kota Batu menggelar Rapat Pleno Terbuka Penghitungan dan Penetapan Perolehan kursi anggota DPRD Kota Batu Pemilu 2024, Kamis, 2 Mei 2024 malam.

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto mengatakan rapat Pleno tersebut menetapkan persebaran kursi legislatif. dari empat Dapil yang ada di Kota Batu, 

Tujuan Bawaslu Kota Batu Buka Posko Kawal Hak Pilih untuk Pilwali

"Alhamdulillah tidak ada koreksi baik dari partai politik maupun dari Bawaslu. Alhamdulillah lancar. Ada tiga partai yang masuk tiga besar perolehan suara antara lain PKB, PDI Perjuangan dan PKS," kata Heru, Jumat, 3 Mei 2024.

Dari hasil tersebut, PKB berhasil menggusur dominasi perolehan suara PDI Perjuangan dalam pemilihan legislatif di Kota Batu dalam Pemilu 2024. PKB berhasil meraup 27.170 suara. Disusul PDI Perjuangan sebanyak 24.900 suara dan PKS sebanyak 18.689 suara.

Pisah Sambut Kepala Kejaksaan, Gus Ipul : Capaian Prestasi Kota Pasuruan Naik Signifikan

"Pelantikan merupakan kewenangan provinsi jadi kita akan menyerahkan hasil ini kepada KPU provinsi. Namun yang melantik nanti adalah pemerintah provinsi," ujarnya. 

Ini daftar anggota DPRD Kota Batu terpilih sesuai Dapil : 

Dapil l (Desa Sumberejo, Sidomulyo, Pesanggrahan, Kelurahan Ngaglik dan Songgokerto)

Halaman Selanjutnya
img_title