Kini Masyarakat Semakin Dimudahkan dengan MPP Digital Among Warga Kota Batu

Pj Wali Kota Batu, saat menghadiri lunching MPP digital di Jakarta.
Sumber :
  • Prokopim KWB

Batu, VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, Abdullah Azwar Anas melaunching Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital Among Warga Kota Batu.

Wacana Pembongkaran Halte Buah di Kota Batu Tak Kunjung Terealisasi

Launching dilaksanakan secara bersama-sama 199 daerah di Sheraton Grand Hotel Jakarta beberapa waktu lalu.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menegaskan dengan launching MPP Digital Among Warga di Kota Batu merupakan wujud komitmen pemerintah Kota Batu untuk terus meningkatkan pelayanan yang berdampak kepada masyarakat. 

KPU Kota Batu Terima Sebagian Logistik Pilkada 2024, Beberapa Komponen Masih Kurang

Melalui MPP, masyarakat dapat menerima pelayanan secara cepat dan mudah diakses seluruh lapisan masyarakat serta lebih berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"MPP Among Warga saat ini telah resmi menjadi MPP digital merupakan komitmen bersama untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang berdampak. Sesuai arahan Bapak Presiden dan juga MenPANRB bahwa MPP yang sudah kita siapkan akan terus berinovasi sehingga pelayanan masyarakat semakin cepat dan mudah diakses dan berdampak pada kesejahteraan seluruh masyarakat," ujarnya, Kamis, 10 Oktober 2024.

Suara Arek Embongan 'Harga Diri Tak Bisa Dibeli', Mantabkan Dukung NH

Kementerian PANRB mengadakan Gebyar Pelayanan Prima sebagai bentuk apresiasi atas peningkatan pelayanan publik. Acara yang bertajuk “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif” diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik.

MPP Digital Among Warga sudah dapat diakses sejak tanggal 2 September 2024 dan saat ini melayani 92 layanan digital. MPP Digital dapat diakses di aplikasi android dan terintegrasi secara nasional dengan pelayanan izin praktik tenaga kesehatan dan tenaga medik, aplikasi Satu Sehat dan SISDMK.

"Kami akan terus berkomitmen agar MPP Among Warga Digital terus berkembang dan berinovasi. Karena inovasi pelayanan bukan hanya dibentuk tetapi juga dilanjutkan sebagai bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat," ujar Pj Wali Kota Batu.

Kadindik Jatim ini menambahkan jika MPP Among Warga telah memastikan percepatan transformasi digital dalam mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan publik. MPP Among Warga memperoleh nilai kelengkapan SISDMK (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan) 63,87, Update SISDMK 60,5 dan IKD (Identitas Kependudukan Digital) 6,41. 

"Nilai itu didapat dari penilai kesiapan pemanfaatan MPP Digital melalui Zoom Meeting pada 16 Agustus 2024," katanya. 

Untuk aplikasi MPP Digital memiliki bermacam fitur meliputi pengajuan permohonan layanan, tracking layanan, riwayat, pengaduan, profil pengguna, notifikasi dan helpdesk jika mengalami masalah.

"Sedangkan pelayanan yang tersedia pada MPP Digital Among Warga sebanyak 8 layanan administrasi kependudukan dan 28 layanan izin tenaga kesehatan. Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian PANRB atas dukungan dan fasilitasi yang telah diberikan kepada Kota Batu," ujarnya. 

Menurutnya, kesuksesan MPP Digital merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

"Dengan adanya MPP Digital, diharapkan pelayanan publik di Kota Batu akan semakin cepat, mudah, dan transparan. Masyarakat dapat mengakses berbagai layanan pemerintahan secara online, kapan saja dan di mana saja," katanya.