Pohon Tumbang di Jalan Raya Mojorejo Kota Batu Sebabkan Satu Orang Terluka

Pohon tumbang di Kota Batu.
Sumber :
  • Dok BPBD Kota Batu.

Batu, VIVA – Sebuah pohon trembesi raksasa dengan tinggi 12 meter dan diameter 40 cm tumbang di Jalan Raya Mojorejo, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Rabu 11 September 2024 malam.

Retribusi Parkir Pasar Induk Among Tani Batu Lebihi Target, Capai Rp2,294 Miliar

Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 19.30 WIB ini mengganggu arus lalu lintas di lokasi tersebut. Pohon yang telah tua dan mengalami pelapukan ini jatuh melintang di jalan, menutup sebagian badan jalan dan menimpa jaringan kabel PLN dan Telkom.

Kalaksa BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan pohon tumbang terjadi akibat pelapukan di bagian batang. Dengan kondisi pohon yang sudah uzur, kekuatannya tak lagi mampu menahan beban, terutama ketika terkena angin kencang atau perubahan cuaca yang ekstrem. 

Dikenal Kondusif, Kota Batu Siap Jadi Tuan Rumah Musyawarah Daerah BAMAG se-Jatim

"Saat tumbang, pohon tersebut menutup sebagian besar jalan, membuat kendaraan roda dua dan roda empat kesulitan melintas. Insiden ini menyebabkan satu orang mengalami luka ringan akibat tertimpa ranting pohon. Korban langsung dievakuasi dan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat oleh pihak keluarga untuk mendapatkan penanganan," katanya, Kamis, 12 September 2024 pagi.

Setelah dilakukan pemotongan dan pembersihan material pohon, lalu lintas di lokasi sudah bisa kembali dilalui secara normal. Selain itu Agung mengimbau kepada para pengguna jalan agar tetap waspada dan berhati-hati, terutama saat melintasi daerah yang banyak ditumbuhi pohon besar, mengingat potensi tumbang dapat meningkat saat cuaca ekstrem.

Pembangunan Rumah Pembina LVRI Tahap II Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

"Kami juga merekomendasikan kepada dinas terkait untuk melakukan pemotongan dan perempesan pohon-pohon tua dan rawan tumbang di sepanjang jalan yang ramai dilalui pengendara," tuturnya.