Massa yang Anarkis Serang Petugas Polres Batu, Akhirnya Berhasil Dipukul Mundur

Simulasi Sispamkota yang digelar Polres Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang /Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pergerakan massa berujung anarkis terjadi di Kota Batu. Aksi yang awalnya damai berubah menjadi kacau ketika demonstran mulai menyerang petugas kepolisian yang berjaga.

PKL Sultan Agung Direlokasi ke Lahan PT Paramount : Sinergi Pemerintah, Swasta, dan Pedagang

Awalnya petugas melakukan pendekatan persuasif untuk menenangkan, namun tak dihiraukan. Massa mulai melempari petugas, bentrokan tidak dapat dihindarkan ketika sejumlah demonstran mencoba menerobos barikade yang dipasang. 

Situasi yang semakin genting membuat Polres Batu mendatangkan Dalmas Satuan Samapta dan satuan lain dari Polres Batu serta Sat Brimob. Dengan peralatan anti huru-hara, pasukan gabungan bergerak cepat mengamankan lokasi dan memukul mundur massa dari wilayah kerusuhan. 

Paslon Cak Nur-Mas Heli Bakal Bikin Jumat Berkah Lebih Luas di Kota Batu

Gambaran itulah yang nampak saat Polres Batu bersama instansi terkait menggelar Latihan pengamanan pemilihan kepala daerah serentak Pilkada 2024 'Sispamkota Operasi Mantap Praja Semeru 2024', di Halaman Parkir Jatim Park 3, Jumat 16 Agustus 2024.

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata mengatakan jika kegiatan ini menggambarkan kesiapan semua komponen baik itu kepolisian, TNI, dan pemerintah untuk mensukseskan penyelenggara Pilkada Serentak 2024.

Paslon Guru Usung Program Mobil Guru BK, Layanan Konseling Gratis Lintas Usia

"Jadi menjelang Pilkada, Polres Batu telah menyiapkan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah simulasi atau gladi lapang Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Dari simulasi tersebut menggambaran aksi anarkis yang bisa kita kendalikan," ujarnya.

Dalam simulasi tersebut, petugas kepolisian bersama TNI dan stakeholder terkait melakukan proses pengamanan kotak suara, pengamanan tahap awal pemilihan kepala daerah, penghitungan surat suara sampai terjadi penolakan terkait hasil suara dari salah satu.

Halaman Selanjutnya
img_title