Pasuruan Siap Hadapi Tantangan Baru di Pilkada 2024

Sosialisasi penyusunan visi misi calon kepala daerah di KPU Pasuruan
Sumber :
  • VIVA Malang (Hari Mujianto/Pasuruan)

Pasuruan, VIVA – Pilkada 2024 di Kabupaten Pasuruan diprediksi akan menghadirkan tantangan baru bagi para calon kepala daerah.

Paslon Salaf Targetkan Kemenangan Mutlak di Pilbup Malang

Hal ini disampaikan Kepala badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, saat menghadiri sosialisasi penyusunan visi, misi, dan program bakal pasangan calon sesuai rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) di KPU Kabupaten Pasuruan, Kamis 15 Agustus 2024.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah penyediaan layanan dasar yang berkualitas bagi masyarakat. Sektor kesehatan dan pendidikan menjadi sorotan utama, mengingat pentingnya akses terhadap fasilitas umum yang memadai. 

Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Pasrepan Pasuruan Segera Direlokasi

Selain itu, proyeksi keuangan selama lima tahun ke depan juga menjadi perhatian serius, mengingat adanya ketidakpastian terkait regulasi dari pemerintah pusat.

“Aturan-aturan dari pusat masih belum jelas. Kita masih menunggu seperti apa kebijakan baru setelah pelantikan Prabowo dan Gibran. Ini akan berdampak pada RPJMD yang baru dan tentunya akan menjadi tantangan bagi kita semua,” ujar Bakti Jati Permana.

Ratusan Lapak PKL Hangus, Polisi Panggil Kepala Pasar

Tantangan lain yang tidak kalah penting adalah terkait dengan ketergantungan anggaran daerah pada transfer pusat. Saat ini, sekitar 80 persen anggaran daerah berasal dari transfer pusat. 

Oleh karena itu, para calon kepala daerah harus memiliki strategi yang tepat untuk mengurangi ketergantungan tersebut dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

Halaman Selanjutnya
img_title