Kades di Jombang Klaim Pekerjaan Aspal Gunakan Dana Pribadi, Ini Penjelasan Warga

Jalan desa yang diklaim gunakan anggaran pribadi.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Pengaspalan jalan lingkungan di Dusun Kemuning, Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang Jawa Timur, menjadi bahan perbincangan hangat warga setempat.

Melihat Tradisi Grebek Tahu di Kampung Sentra Industri Tahu Jombang

Hal ini menyusul adanya klaim bahwa pembiayaan pengaspalan jalan itu, menggunakan dana pribadi milik kepala Desa setempat. Kabar ini pun akhirnya, dibantah oleh warga setempat. 

HR (40 tahun) warga Desa Tanggungan menjelaskan bahwa, anggaran pengaspalan jalan lingkungan di Dusun Kemuning itu, berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) dari salah satu perusahaan yang akan berdiri di wilayah setempat. 

Harlah Muslimat, Mustasyar PWNU Jatim Ajak Warga Jombang Bersalawat

"Jadi pembahasan CSR itu sejak tahun 2023 kemarin. Tepatnya pada proses pembebasan lahan, karena saat itu saya dimintai tolong kades untuk melakukan pembebasan lahan milik warga," kata HR, Rabu, 26 Juni 2024.

Ia pun menyebut bahwa, gudang milik perusahaan yang bakal dibangun itu memberikan dana CSR atau TJSL ke pemerintah desa ratusan juta. Dana itulah yang diduga digunakan sebagian untuk pengaspalan jalan lingkungan di dusun Kemuning. 

Pilbup Jombang, KPU Buka Lowongan KPPS

"Ya itu (CSR) menjadi salah satu bentuk kepedulian investor pada Desa, dan sekaligus menunjukkan komitmen mereka untuk investasi di Desa Tanggungan," ujarnya.

Hal ini juga dibenarkan salah seorang perangkat desa di wilayah Kecamatan Gudo, Jombang yang namanya enggan dipublikasikan 

Halaman Selanjutnya
img_title