Lebih Dekat dengan Alfi Nurhidayat, Insinyur Infrastruktur yang Ahli Sembelih Hewan Kurban

Pj Wali Kota Batu beri mandat sembelih hewan kurban ke Alfi Nurhidayat
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat, bukan hanya dikenal sebagai sosok yang mumpuni dalam urusan infrastruktur dan penataan kota.

Tangkap Bandar di Depan Kantor Desa, Polisi Jombang Sita 3 Ons Sabu

Di balik jabatan strategisnya serta menjadi Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kota Batu, Alfi juga memiliki keahlian khusus yang jarang diketahui banyak orang, yaitu menyembelih hewan kurban.

Keahlian ini ternyata merupakan warisan turun-temurun dari keluarganya. Alfi menceritakan bahwa sejak kecil, ia sudah diajarkan oleh keluarganya yaitu 'Pak Lek' cara menyembelih hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.

Polres Jombang Gagalkan Peredaran Miras Antar Kota via Truk Ekspedisi

"Ini adalah tradisi keluarga kami. Keluarga saya selalu mengajarkan pentingnya memahami dan melaksanakan ibadah kurban dengan benar," katanya, Senin, 17 Juni 2024.

Keahliannya ini terlihat saat perayaan Idul Adha 1445 Hijriah di Balai Kota Among Tani, di mana Alfi berperan langsung dalam prosesi penyembelihan hewan kurban. Bersama dengan panitia kurban di Masjid Brigjen Soegiyono Pemkot Batu, ia menyembelih beberapa sapi maupun kambing.

Usai Jalani Rukun Haji, Dua Jemaah Asal Jombang Meninggal Dunia di Tanah Suci

Banyak yang terkejut melihat Alfi, yang biasanya mengenakan pakaian formal dinas, kali ini tampil dengan kopiah dan kaos hitam siap dengan pisau tajam di tangan.

Dalam prosesi tersebut, Alfi menunjukkan keterampilannya dengan tenang dan cekatan, memastikan setiap hewan kurban disembelih dengan cepat dan sesuai dengan ajaran agama. Nampak ia menyembelih sapi kurban milik Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mantan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, dan beberapa sapi dari OPD Pemkot Batu, serta kambing.

Halaman Selanjutnya
img_title