Cara Pemkot Batu Maksimalkan Penanganan Kebakaran Lewat Aplikasi SIP Akurat

Petugas Damkar saat melakukan penyelamatan
Sumber :
  • VIVA Malang - Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pemerintah Kota Batu bakal memiliki aplikasi SIP Akurat atau Sistem Informasi Pelaporan (SIP) Akurat untuk mempermudah proses masyarakat dalam pelaporan kejadian kebakaran dan non-kebakaran atau penyelamatan.

Cerita Kesederhanaan Polisi di Jombang yang Dulunya Sopir Angkot hingga Dinas 30 Tahun di Papua

Kabid Pencegahan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Batu, Santoso Wardoyo mengatakan tujuan dibuatnya aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat melapor jika terjadi kebakaran sewaktu-waktu.

"Tidak hanya laporan kebakaran, tapi penyelamatan jika sewaktu-waktu ada masalah. Kelebihan lain dari aplikasi SIP Akurat yaitu mempermudah kami (Damkar, red) membuat rekap laporan kejadian," katanya, Senin 10 Juni 2024.

Danton Prabawanto Beri Tips Buat BMC Langsung Pada Summer Camp ITS

Rekap kejadian, tambah Santoso, sangat dibutuhkan oleh internal petugas dalam pembuatan laporan dan dokumentasi demi pemenuhan data dari Damkar Provinsi Jatim maupun Kemendagri RI.

"Sehingga nanti bisa nampak, misal pada tahun 2023 itu mengalami peningkatan kasus kebakaran dan penyelamatan hampir 50 persen dari tahun sebelumnya. Pasalnya kala itu ada krisis pembuangan sampah," ujarnya.

Bangun Nalar Kritis, FH Unmer Malang Gelar LKTI Piala Dekan 2024 Tingkat SMA se-Jatim

Apalagi, Damkar Kota Batu memiliki jumlah petugas yang terbatas sehingga laporan rutin yang akurat tidak cepat tersaji atau terkadang terabaikan.

Harapannya, dengan adanya SIP Akurat bisa memaksimalkan penanganan kejadian dan pendataan supaya tertata dengan baik.

Halaman Selanjutnya
img_title