Daki Gunung Butak Hingga Tersesat, 4 Remaja Hipotermia Berhasil Diselamatkan

4 pemuda tersesat di Gunung Butak diselamatkan
Sumber :
  • BPBD Kota Batu

Batu, VIVA – 4 pendaki remaja asal Sidoarjo mengalami hipotermia karena tersesat saat mendaki Gunung Butak di wilayah Kota Batu. Peristiwa itu dilaporkan ke petugas pos pendakian sekitar pukul 06.00 WIB, pada Kamis, 23 Mei 2024.

Hadiri Gebyar Al Kautsar, Wawali Mas Adi Dorong Pacu Kreativitas Anak demi Indonesia Emas 2045

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan keempat remaja tersebut meminta pertolongan usai menyadari mereka tersesat.

Keempat pendaki tersebut adalah Agus Firdaus (17), Fattah Mahendra (17), Farel Bagus Firmansyah (16) dan Gabriel Yustinus A Paulo (16). Mereka semua merupakan warga Kabupaten Sidoarjo.

Danamon Bagikan Literasi Keuangan kepada Mahasiswa Universitas Brawijaya

"Petugas berhasil menemukan para survivor pada pukul 09.00 WIB. Mereka ditemukan di lokasi petak 87 kawasan Gunung Butak. Saat ditemukan mereka sudah mengalami hipotermia. Mereka berhasil dievakuasi pada Petak 87 dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Butak," katanya.

Dalam proses pencarian tersebut melibatkan petugas gabungan dari BPBD Kota Batu bersama Petugas Pos Pendakian Gunung Panderman, Perhutani RPH Oro-Oro Ombo, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Tani Desa Pesanggrahan, PSC Kota Batu dan masyarakat setempat.

Jemaah Ibadurrahman Di Jombang, Salat Idul Adha Lebih Awal dari Pemerintah

Agung menambahkan jika keempat pendaki mulai mendaki gunung setinggi 2.868 mdpl tersebut sejak pukul 01.30 WIB dini hari. 

"Hingga akhrinya di tengah jalan, mereka menyadari telah tersesat. Beruntung salah satu dari mereka menghubungi pos pendakian untuk meminta pertolongan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title