Parkir Non Tunai Bakal Diterapkan di Kayutangan Kota Malang

Pembinaan juru parkir oleh Dishub Kota Malang
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – Dinas Perhubungan Kota Malang bakal menerapkan pembayaran non tunai untuk parkir di Kawasan Kayutangan. Transformasi pembayaran dari tunai ke non tunai atau digital harus dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman. 

Lippo Plaza Batu Hadirkan Wahana Bowling Pertama di Malang Raya

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra pun telah mengumpulkan sejumlah juru parkir yang bertugas di Kecamatan Klojen pada Rabu, 22 Mei 2024 kemarin. Dia memberitahu, bahwa penerapan pembayaran non tunai akan segera dilakukan termasuk kawasan Kayutangan. 

"Pembayaran digital bisa menjadi tolak ukur. Mau tidak mau akan mengarah ke sana. Ini supaya pelanggan nyaman. Pemerintah daerah tidak mungkin akan merugikan masyarakat. Saya minta, kerjakanlah pekerjaanmu dengan hati, jangan bekerja sesuka hati," kata Widjaja. 

Polda Jatim Benarkan Ada Laporan Dugaan Kecurangan Pileg 2024 di Dapil V Malang Raya

Sebenarnya, sejak dua tahun lalu, Dishub Kota Malang telah menerapkan e parking. Meski telah ada layanan non tunai capaiannya sangat rendah. Penyebabnya masyarakat belum terbiasa membayar parkir dengan cara digital.

"Pendapatan dari pembayaran non tunai paling tinggi mencapai Rp80 ribu per hari. Masih sangat rendah karena masyarakat masih belum terbiasa membayar parkir dengan cara digital," ujar Widjaja. 

PJT I dan PLN NP Tanam 10 Ribu Bibit Pohon di Titik Nol Sungai Brantas

Di Kota Malang merujuk data Dishub Kota Malang ada 3.470 titik parkir dengan 1.005 orang juru parkir yang telah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA). Dari parkir hingga Mei 2024, Dishub telah mendapat pendapatan Rp3,8 miliar dari target Rp17 miliar pada 2024.

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan, opsi yang disiapkan para jukir akan digaji oleh Pemkot Malang jika pembayaran non tunai diterapkan. Rencananya, pelaksanaan pembayaran digital di Kayutangan akan dilakukan setelah PAK 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title