Warga di Jombang Keluhkan Gangguan Debu Pabrik Kayu

Debu yang ada di pemukiman warga
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Sejumlah warga yang ada di Dusun Tunggorono, Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang Jawa Timur mengeluhkan gangguan debu yang diduga berasal dari pabrik kayu di Desa setempat.

Ada Kades Nyalon Bupati, Bawaslu Jombang Ingatkan Kades Netral di Pilkada 2024

Tak hanya mengganggu kebersihan lingkungan, debu serbuk kayu itu juga sebabkan gangguan saluran pernapasan balita yang ada di Dusun tersebut.

Edwin (30 tahun) warga RT 2 RW 2, Dusun Tunggorono, Desa Tunggorono mengatakan sejak bulan Juli wilayah di kampungnya terkena polusi udara.

Bikin Onar, Gengster Bersenjata Tajam di Pasuruan Dihajar Warga

"Warga ini sudah merasakan dampak dari polusi udara yang diakibatkan tersebarnya debu, sejak bulan tujuh (Juli) kemarin," kata Edwin, Selasa 26 September 2023.

Ia mengaku kondisi yang dialami warga itu, sudah diajukan ke perusahaan kayu yang diduga sebagai penyebab terjadinya polusi udara tersebut. 

Taman Kota Jadi Sorotan Usai DPRD Kota Malang Sahkan Perda Kota Layak Anak

Namun, sambung Edwin, tiga kali keluhan yang disampaikan warga ke perusahaan tersebut tidak mendapat respon. 

"Sampai kami dari warga itu, mengajukan keluhan pada pihak perusahaan itu sudah tiga kali. Tapi belum ada respon, baru kemarin kami bisa bertemu dari pihak berkompeten yang kami anggap bisa memutuskan untuk permasalahan ini, karena pencemaran serbuk ini sudah sangat menggangu sampai warga ada yang sakit," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title