Gandeng Pelajar SMA, Puskemas Plandaan Jombang Gelar Aksi Bergizi 

Aksi bergizi di SMA Negeri Plandaan Jombang
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Aprianto/Jombang)

Jombang, VIVA – Guna mengatasi masalah gizi remaja, Puskemas Plandaan, Kabupaten Jombang Jawa Timur, menggandeng pelajar SMA Negeri Plandaan, pada kegiatan aksi bergizi.

Pelaku Jambret di Mojoagung Jombang Belum Bisa Diperiksa Polisi, Ini Penyebabnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, dr Hexawan Tjahja Widada MKP, menjelaskan kegiatan kolaborasi antara Puskesmas Plandaan bersama SMA Negeri Plandaan ini untuk mengatasi masalah gizi remaja.

"Untuk mewujudkan generasi emas," kata Hexa, Jum'at 6 September 2024.

Pelaku Jambret di Jombang Babak Belur Usai Tertangkap dan Dihajar Massa

Selain itu, pihaknya menyebut program aksi bergizi ini, merupakan kegiatan inovatif dengan tujuan mencegah anemia di kalangan remaja putri sekaligus mendukung upaya pencegahan stunting.

"Tujuan aksi bergizi yang diselenggarakan tersebut selaras dengan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang merupakan suatu upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat dengan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," ujarnya.

Cuaca Tak Menentu, Petani di Jombang Was-was Kualitas Panen Tembakau Menurun

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa rangkaian acara ini dimulai dengan senam sehat dan dilanjutkan edukasi kesehatan tentang gizi seimbang bagi remaja serta bahaya anemia pada remaja putri oleh Tim Gizi dan Promosi Kesehatan Puskesmas Plandaan.

"Rangkaian selanjutnya yaitu adalah makan pagi (sarapan) bersama, meminum tablet tambah darah (TTD) bersama, dan terakhir adalah kegiatan skrining anemia yang dilakukan pada remaja putri melalui pemeriksaan hemoglobin oleh tim UKS Puskesmas Plandaan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title