Ikhtiar Budaya Peringati Maulid Nabi, Lesbumi NU Kota Malang Kembali Gelar Festival Sekarbanjar 2024

Festival Sekarbanjar 2024
Sumber :
  • Lesbumi NU Kota Malang

Malang, VIVA – Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Kota Malang menggelar kembali Festival Sekarbanjar 2024 pada 19 hingga 22 September 2024.

Semarakkan Hari Santri dan Maulid Nabi, Dinas P dan K Jombang Gelar Lomba Keagamaan

Festival yang sudah digelar kedua kalinya ini merupakan ikhtiar budaya Jawa Timur-an dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ketua Lesbumi NU Kota Malang Fathul H. Panatapraja menjelaskan, Festival Sekarbanjar dilaksanakan atas dasar kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, Lesbumi punya kewajiban menghadirkan khazanah kebudayaan sekitar yang dipadukan dengan budaya Islam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Ngalam Mbois Fest Jadi Cara Ali Muthohirin Dekati Warga dan UMKM Kota Malang

“Festival Sekarbanjar ini adalah perayaan yang kami sebut menyelami lebih dalam, memanjat lebih tinggi, dan membaca semakin jauh, sang pembawa risalah, Nabi Muhammad SAW,” jelas Fathul.

Festival Sekarbanjar sendiri kata dia telah dirancang Lesbumi NU Kota Malang sejak awal 2023. Hingga pada prosesnya dilakukan penyempurnaan sejumlah rangkaian kegiatan yang berfokus pada permenungan.

Paslon Salaf Targetkan Kemenangan Mutlak di Pilbup Malang

Nama Sekarbanjar sendiri, imbuh Fathul, berasal dari usulan Sutak Wardiono, Dewan Pakar Lesbumi NU Kota Malang, yang mengambil istilah tersebut dari dialog seni tradisi ludruk. Selain di ludruk juga disebut di lakon-lakon pewayangan; banjaran.

Secara singkat arti dari Sekarbanjar adalah ukuran dan urutan, fase dan tahapan perjalanan, atau bisa disebut dengan sebuah upaya telusur asal-usul.

Halaman Selanjutnya
img_title