Serunya Festival Dolanan Yok di Pasuruan: Ajak Anak-anak Lupa Gadget dengan Permainan Tradisional

Serunya Festival Dolanan Yok di Pasuruan.
Sumber :
  • VIVA Malang/Mochamad Rois

Pasuruan, VIVA - Pondok Pesantren (Ponpes) Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan kembali menggelar Festival Dolanan Yok (FDY) untuk kedelapan kalinya.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Kegiatan FDY tahun ini digelar selama dua hari, yakni sejak hari Sabtu, 20 Januari sampai dengan hari Minggu, 21 Januari 2023.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, FDY kali ini menyajikan kompetisi beragam jenis permainan tradisional dengan mengusung tema dan bahasa bernuansa khas Sulawesi Selatan.

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Beragam jenis permainan tradisional tersebut seperti lomba Bola Dede (bola tembak), macukke (patil lele), magalle (egrang batok), mangasing (gobak sodor), ma'bom (benteng-bentengan), a'beso ( tarik tambang), lambasena (lompat tali).

Untuk lomba permainan tradisional tersebut diikuti oleh pelajar SD/MI se-Kota dan Kabupaten Pasuruan. Total kurang lebih ada sebanyak 1.900 peserta yang memeriahkan lomba permainan tradisional di FDY tahun ini.

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

Pengasuh Ponpes Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan, KH Nailul Rokhman, menjelaskan bahwa tema yang diusung dalam kegiatan FDY tahun ini memang sengaja mengangkat tema Sulawesi Selatan.

Menurut Gus Amak, sapaan KH Nailul Rokhman, hal itu bertujuan untuk mengenalkan budaya serta nama-nama permainan tradisional yang beragam di masing-masing daerah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title