Ratusan Pelajar di Kota Batu Ikuti Pelatihan ke Gawat Daruratan Dini

Para pelajar mengikuti pelatihan BLS.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAFakultas Kedokteran Universitas Airlangga Departemen Anestesiologi dan Reanimasi menggelar pelatihan basic life support (BLS) atau penanganan ke gawat daruratan dini kepada para pelajar di SMP-SMA Al Hikmah Boarding School Kota Batu, Sabtu, 9 September 2023.

Abah Anton Mengaku Tak Kapok Maju Pilwali Meski Pernah Tersandung KPK

Total ada 210 siswa, 35 siswi dan 14 orang ustaz ustazah mendapatkan materi dan prakteknya secara langsung. Salah satu materinya adalah keterampilan pijat jantung pada manekin.

Ketua Panitia, Anna Sirgean Veterini mengatakan pihaknya dibantu Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Malang menggelar pelatihan tersebut agar para pelajar bisa mengetahui tanda-tanda kegawatan dini yang mengancam nyawa. 

Ingin Bawa Indonesia U23 ke Olimpiade Paris 2024, Shin Tae-yong Target Menang Lawan Uzbekistan U23

"Dengan tahu, tentu mereka bisa menangani kegawatan itu dengan cepat. Fokus pelatihan kami sebenarnya tidak hanya pelajar tapi masyarakat luas khususnya non medis," katanya.

Pasalnya jika hal tersebut terjadi tentu yang menanggani pertama bukanlah dokter tapi orang terdekat. Dalam pelatihan itu, para instruktur terdiri dari para staf pengajar senior, peserta program pendidikan dokter spesialis Anestesiologi, peserta program pendidikan dokter sub spesialis Anestesiologi dan Reanimasi, dokter umum yang menunggu jadwal internship serta mahasiswa S1 semester 8 atau dokter muda

Polisi Bekuk Komplotan Pembobol Rumah di Malang

"Harapan kami seluruh civitas Al Hikmah Boarding School dapat pengetahuan dan keterampilan penting menyelamatkan jiwa. Sehingga mereka bisa mengenali sejak dini tanda-tanda bahaya yang mengancam nyawa," tuturnya. 

Selain itu mereka tentu bisa mengaktifkan alarm darurat dan melakukan bantuan hidup dasar, hingga tim medis tingkat lanjut tiba. Sebab kejadian ke gawat daruratan dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan menimpa siapa saja. 

Halaman Selanjutnya
img_title