Legenda Timnas Mesir Dukung Indonesia Tolak Israel, FIFA Standar Ganda

Mantan pemain timnas Mesir Mohamed Aboutrika
Sumber :
  • Instagram Mohamed Aboutrika

MalangFIFA resmi membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Pembatalan tersebut merupakan buntut dari gelombang penolakan atas keikutsertaan Timnas Israel. Penolakan itu datang dari kalangan sejumlah ormas hingga tokoh partai politik.

Aksi Brilian Ernando dan Gol Komang Bawa Indonesia U23 Menang 1-0 Atas Australia U23

Keputusan FIFA itu kontan membuat gelombang kekecewaan pecinta bola memuncak. Akun media sosial tokoh pejabat seperti Gubernur Bali I Wayan Koster hingga Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo pun menjadi sasaran kemarahan warganet.

Mereka menilai gara-gara pernyataan penolakan Timnas Israel itu membuat Indonesia melewatkan kesempatan emas untuk unjuk gigi di kompetisi skala dunia. Selain itu, Indonesia juga berpotensi dikenai sanksi oleh FIFA berupa pengucilan di dunia olahraga.

Pj Wali Kota Malang Sebut Pipa Bocor Hingga Tanah Ambles Akibat Akumulasi Kendaraan Besar

Di saat publik menyorot tajam kepada Indonesia atas sikap tersebut, respon berbeda datang dari legenda sepak bola Mesir, Mohamed Aboutrika yang justru memberikan pujian atas sikap Indonesia.

''Indonesia ada di posisi terhormat dan kuat yang patut disyukuri. FIFA, jika Anda tidak malu, lakukan apa pun yang anda inginkan,'' tulis Trika dalam akun Twitter pribadinya @trikaofficial pada Rabu, 29 Maret 2023.

Geliat Bisnis Dekorasi di Jombang Raup Cuan Belasan Juta Rupiah

Mantan punggawa Timnas Mesir di era 2001-an itu memang dikenal kerap membela Palestina yang terus diinvasi oleh Israel. Menurut dia, kebijakan politis Israel tidak patut didukung bahkan didiamkan begitu saja.

''Entitas Zionis adalah epidemi dunia yang harus diboikot dan ditolak oleh semua orang,'' ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title