Lebih Mudah, Federasi Drone Indonesia Luncurkan Sistem Sertifikasi Pilot Drone secara Online

Ilustrasi sertifikat pilot drone dari FDI
Sumber :
  • Federasi Drone Indonesia

Malang, VIVA – Kepemilikan sertifikasi bagi pilot pesawat nirawak atau drone merupakan hal penting. Selain menunjukkan kompetensi, pilot drone juga dapat meminimalisir resiko hukum yang berpotensi menjerat sewaktu-waktu.

10 Terbaik Penerapan SPBE, Kota Malang Raih Penghargaan DGA 2024

Federasi Drone Indonesia (FDI) baru-baru ini secara resmi meluncurkan sertifikasi pilot drone secara online. Ini merupakan layanan sertifikasi online yang terbilang pertama di Indonesia.

Diketahui, layanan sertifikasi pilot drone online ini telah secara resmi diluncurkan pada Senin 13 Mei 2024. Dalam website ini tentunya berisi materi-materi yang wajib dipahami para pilot drone. Di akhir materi, terdapat ujian online sebagai penentu pilot drone mendapat sertifikasi dengan nilai kelulusan minimal 80 persen.

Cara IWAPI Dorong UKM Kuliner Pasuruan Naik Kelas Lewat Cooking Class Gratis

Ketua Umum dan Pendiri FDI, Salim Dirgantara menerangkan sertifikasi ini memiliki tujuan utama untuk edukasi terhadap siapa pun yang memiliki drone terkait regulasi penerbangan drone di wilayah udara negara Indonesia. 

Selain itu mereka juga harus selalu bisa menjaga keselamatan penerbangan drone-nya baik terhadap orang lain, properti sekitar, maupun bagi drone dan dirinya sendiri. 

Pemkot Batu Salurkan Bantuan Pangan Beras pada 9.129 KPM di Kota Batu

Salim mengatakan peluncuran sertifikasi pilot drone online ini mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan dan komunitas pilot drone di Indonesia, baik pilot drone aerial maupun pilot drone FPV

Meski dalam hal ini tetap ada perbedaan bagi yang mengambil sertifikasi online dan off-line. Salim menegaskan jika sertifikat ini bukanlah lisensi atau ijin terbang, Sertifikat adalah tanda kompetensi seseorang dalam menerbangkan drone baik secara regulasi, peraturan, privasi dan keamanan.

Halaman Selanjutnya
img_title