Retribusi Parkir Pasar Induk Among Tani Batu Lebihi Target, Capai Rp2,294 Miliar

Pasar Induk Among Tani tempat KWB Ramadan Festival
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Retribusi parkir di Pasar Induk Among Tani Kota Batu berhasil melampaui target yang telah ditetapkan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu. 

Minim SDM Kendala Utama Pengelolaan di TPA Tlekung Kota Batu

Terbaru retribusi parkir mencapai Rp2,294 miliar dari target awal sebesar Rp2,2 miliar. Capaian ini mencerminkan realisasi sebesar 104 persen dari target yang ditetapkan.

Kepala Diskoperindag Kota Batu, Aries Setiawan, membenarkan telah memberikan kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor retribusi parkir.

Dikenal Kondusif, Kota Batu Siap Jadi Tuan Rumah Musyawarah Daerah BAMAG se-Jatim

"Untuk retribusi parkir di Pasar Induk Among Tani Batu, dari target Rp2,2 miliar sudah terealisasi Rp2,294 miliar hingga bulan ini. Ini berarti kita telah mencapai 104 persen dari target," ujar Aries, Kamis, 13 September 2024.

Dengan capaian yang sudah melewati target ini, Aries optimis bahwa retribusi parkir akan terus meningkat hingga akhir tahun 2024. Menurutnya, dalam sehari, Pasar Induk Among Tani mampu menghasilkan sekitar Rp10 juta dari retribusi parkir. Dengan sisa waktu sekitar 105 hari hingga tutup tahun, diperkirakan tambahan pemasukan dari sektor ini akan mencapai Rp1 miliar lebih.

Pembangunan Rumah Pembina LVRI Tahap II Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

"Dengan sisa waktu 3,5 bulan ke depan, kita perkirakan retribusi parkir bisa bertambah sekitar Rp1 miliar lagi. Tentunya ini menjadi pemasukan PAD yang sangat luar biasa bagi Kota Batu," ujarnya.

Salah satu faktor kunci yang membuat pencapaian retribusi parkir di Pasar Induk Among Tani begitu maksimal adalah penggunaan sistem gate parkir elektronik. Sistem ini memungkinkan setiap kendaraan yang masuk dan keluar dari area pasar tercatat dengan baik, sehingga meminimalisir potensi kebocoran retribusi.

Halaman Selanjutnya
img_title