Dianggap Punya Mesin Partai yang Kuat, Seniman di Jombang Nyalon Bupati Lewat PDIP

Tari topeng Jatiduwur dimainkan di kantor PDIP Jombang
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Dianggap memiliki mesin partai yang kuat dan solid pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, seorang seniman asal Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben mendaftar jadi bakal calon bupati di kantor PDI Perjuangan.

EKRUTES.ID Bantu Pencari Kerja Lewat Program Khusus

Tak hanya itu, dengan diantar dua penari topeng Jatiduwur, Isma Hakim Rahmat, seniman asli kelahiran Jombang ini mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati di kantor DPC PDI Perjuangan.

Ditemui sejumlah jurnalis, Hakim, mengatakan kedatangannya untuk mendaftar menjadi bakal calon bupati melalui PDI Perjuangan karena partai ini kuat di mesin partai.

Atlet Downhill Asal Kota Batu Berhasil Jadi Juara Asian Mountain Bike di Malaysia

"Kami berniat mencalonkan diri, mengajukan pendaftaran melalui penjaringan yang dibuka DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang," kata Isma, Rabu, 8 Mei 2024.

Ia pun menjelaskan motivasinya mencalonkan diri sebagai bacabup Jombang, karena ingin mengangkat seni budaya asli Jatiduwur, yakni topeng Jatiduwur. Lantaran seni merupakan alat pemersatu bangsa.

Tamzil Ainnur Rizal, Sosok Potensial yang Ramaikan Bursa Pilkada Batu 2024

"Seni adalah pemersatu, dan kami ingin mengubah cara pandang, uri-uri budaya, yang selama ini ada kekeliruan, terhadap uri-uri budaya itu sendiri," ujarnya.

Nantinya, sambung Isma, bila ia mendapat restu dari ketua umum DPP PDI Perjuangan, sebagai bakal calon bupati dari PDI Perjuangan pada pilkada Jombang, pihaknya akan mengusung semangat kesenian tradisional.

Halaman Selanjutnya
img_title