1.328 Orang Ajukan Pindah Pilih di KPU Kota Batu, Didominasi Pemilih Pemula

Pelajar mengajukan pindah pilih di KPU Kota Batu
Sumber :
  • VIVA Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melaporkan bahwa ada sebanyak 1.328 orang yang telah memanfaatkan pelayanan pindah pilih pada hari Senin, 15 Januari 2023.

529 Daftar jadi PPK Pilkada Jombang 

Komisioner KPU Kota Batu, Marlina, mengungkapkan bahwa dari ribuan masyarakat yang memanfaatkan hak pindah pilih tersebut didominasi oleh para pemilih pemula seperti pelajar.

”Total ada 1.318 orang (yang melakukan pindah pilih), didominasi pemilih pemula seperti para pelajar di sekolah Al Izzah, Al Irsyad, sekolah Buddha, dan lainnya,” kata Marlina dalam keterangannya, Selasa, 16 Januari 2024.

Komitmen Berantas Korupsi, Pemkot Pasuruan Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas

Ketika ditanya soal persentase jumlah pemilih yang keluar dan yang masuk, Marlina mengaku tidak begitu paham angka pastinya. Namun, kata dia, pada intinya lebih banyak yang masuk.

”Dari keseluruhan persentase (pemilih) yang keluar dan masuk, lebih banyak yang masuk. Kalau secara angka saya tidak begitu paham. Tapi, pada intinya lebih banyak yang masuk," ucapnya

Hari Kartini, Gus Ipul dan Fatma Kompak Suarakan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Pembangunan Daerah

Penutupan pindah pilih yang dilakukan kemarin, lanjut Marlina, merupakan 9 kategori, yaitu bertugas di tempat lain, sedang menjalani rawat inap atau menunggu pasien yang rawat inap, tertimpa bencana, dan menjadi tahanan.

"Berlaku juga pada penyandang disabilitas yang tengah dalam perawatan panti sosial, menjalani rehabilitasi narkoba, bekerja diluar domisili, menjalani tugas belajar seperti dalam perguruan tinggi, dan pindah domisili," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title