Haul Gus Dur di Jombang, Inayah Wahid Ingatkan Pemikiran Gus Dur Soal Etika Demokrasi

Inayah Wahid usai berdoa di makam Gus Dur.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Haul ke 14 Presiden keempat RI Kiai Haji Abdurrahman Wahid alias Gus Dur diperingati di sekitar komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, pada Minggu, 17 Desember 2023.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Kegiatan bulan Gus Dur ini dimeriahkan oleh masyarakat Jombang dengan kirab mengelilingi Ponpes Tebuireng sambil membawa karangan bunga dan membentangkan spanduk ucapan terimakasih kepada Gus Dur.

Rombongan Inayah Wahid putri Gus Dur yang tepat berada di barisan paling belakang kirab itu langsung menuju makam Gus Dur. 

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Didampingi pengasuh ponpes Tebuireng, Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Inayah menaburkan bunga di makam Gus Dur dan makam keluarga ponpes Tebuireng lainnya usai membaca doa. 

Menurut Inayah, puncak haul ke 14 Gus Dur akan diselenggarakan pada Senin, 18 Desember 2023. Dengan mengusung tema Menggali Kepemimpinan Etika Demokrasinya Gus Dur.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

"Tema tersebut sangat selaras dengan tahun politik 2024 yang tengah dihadapi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, patut dicatat tentang kehidupan demokrasi setelah berjalan 25 tahun pasca reformasi," kata Inayah, usai berdoa di makam Gus Dur.

"Kami benar-benar merasa satu jalan dengan harapan kami, bukan hanya masalah haulnya tapi warisan pemikiran Gus Dur dan Mbah Hasyim. Mengingat kembali warisan etika demokrasi Gus Dur," ujar Inayah. 

Halaman Selanjutnya
img_title