Disiapkan Seragam Baru, 4.480 Anggota Linmas Diterjunkan Kawal Pemilu di Kota Malang

Pemilu/Ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Malang, VIVA – Untuk membantu pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 Pemerintah Kota Malang menerjunkan 4.480 anggota Linmas untuk mengawal lingkungan masing-masing. Ribuan Linmas ini diharapkan mampu memberika perlindungan bagi masyarakat selama Pemilu 2024 berlangsung. 

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Pemkot Malang pun telah menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk pengadaan seragam. Untuk insentif, Linmas akan menerima Rp200 ribu per bulan termasuk BPJS Ketenagakerjaan dengan premi Rp10.260 per bulan selama 12 bulan atau selama tahun politik 2024.

Kepala Satpol PP Kota Malang, Heru Mulyono mengungkapkan, anggaran miliaran rupiah itu diambil dari APBD Kota Malang 2024 yang baru saja disetujui beberapa waktu lalu. 

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Dalam dua agenda Pemilu terdekat yakni Pileg dan Pilpres ada 2.440 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masing-masing TPS membutuhkan 2 anggota Linmas. Sehingga untuk pelaksanaan Pemilu dibutuhkan 4.880 anggota Linmas.

"4.485 sudah kami fasilitasi persiapannya untuk Pemilu. Jadi pada 2024, itu untuk insentif BPJS Ketenagakerjaan sudah termasuk dan tidak mengurangi insentif. Pakaian juga sudah (masuk anggaran)," kata Heru, Rabu, 6 Desember 2023. 

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Untuk membantu kerja Linmas melakukan pengamanan di lingkungan masing-masing. Satpol PP Kota Malang juga akan menyiapkan Linmas insidentil yang berasal dari karyawan non ASN di lingkungan Pemkot Malang, jumlahnya sebanyak 395 orang.

Anggota DPRD Kota Malang, Harvad Kurniawan mengungkapkan, bahwa anggaran seragam baru, insentif hingga BPJS adalah usulan legislatif. Alasannya, banyak anggota Linmas yang memiliki seragam kurang layak. Hal ini pun perlu dianggarkan untuk menyambut Pemilu 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title