Cak Udin Ingatkan Wartawan Tidak Terjebak Hoax Dalam Pemilu 2024

UKW ke 51 digelar PWI Malang Raya
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 digelar PWI Malang Raya pada 21 hingga 23 Juli 2023 kemarin. Sekjen DPP PKB M Hasanuddin Wahid berharap UKW mampu mencetak jurnalis profesional dan kompeten. 

Belasan Peserta Upacara Hardiknas di Jombang Jatuh Pingsan

Pria yang akrab disapa Cak Udin, menilai bahwa UKW penting untuk diikuti oleh seorang jurnalis untuk menguji kompetensi dalam kerja-kerja jurnalistik. 

"Ini bagus dan perlu didukung. Jurnalis adalah mata masyarakat yang bisa menjadi control of change," kata Cak Udin. 

Irak U23 vs Indonesia U23, Garuda Muda Wajib Menang Demi Satu Tiket Lolos Olimpiade Paris 2024

Legislator DPR RI Dapil Malang Raya itu berharap pelaksanaan UKW memberikan pengalaman berharga bagi para peserta untuk menjadi jurnalis kompeten. Katanya, di era Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), media harus membaca peluang dan tantangan dengan baik. 

"Sekarang sudah eranya AI di mana inovasi teknologi memudahkan kerja-kerja manusia. Dunia pers juga harus ambil peran. Jangan sampai tenggelam, tapi sebisa mungkin ikut 'berenang' di dunia kecerdasan buatan ini," ujar Cak Udin. 

Datangi Rumah Para Guru, Cara Kadindik Jatim Peringati Hari Pendidikan Nasional

Selain itu, Cak Udin mengingatkan jurnalis adalah adalah corong utama dalam distribusi informasi terkait Pemilu 2024. Dalam kontestasi politik ini Jurnalis harus kompeten dan profesional.

"Salah satu unsur terpenting dalam pelaksanaan Pemilu adalah pers. Jurnalis harus kompeten dan profesional. Masyarakat jngan sampai terjebak di arus penyebaran informasi hoax yang menyebabkan pecah belah," ujar Cak Udin.

Halaman Selanjutnya
img_title