Awasi Warga Negara Asing di Kota Batu, Tim Pora Gelar Operasi Gabungan

Rakor pengawasan WNA di Kota Batu
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Sinergitas antar instansi mengawasi keberadaan dan aktivitas orang asing di wilayah Kota Batu terus diperkuat. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kota Batu melaksanakan rapat koordinasi pada Rabu, 23 Oktober 2024 hingga Kamis, 24 Oktober 2024. 

Kaesang Pangarep Dukung Paslon NH Menang di Pilkada Kota Batu

Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi seperti Polres Batu, Korem 083/Baladhika Jaya, Kejaksaan Negeri, dan beberapa dinas terkait. Kegiatan akan dilanjutkan dengan operasi gabungan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Anggoro Widjanarko, menegaskan bahwa sinergi antar instansi ini penting untuk mengantisipasi potensi pelanggaran keimigrasian di wilayah tersebut. 

Kasus Gondongan di Kota Batu Meningkat, Dinkes Catat 664 Kasus Sepanjang 2024

"Pengawasan orang asing tidak bisa berjalan sendiri. Kerja sama lintas instansi sangat dibutuhkan agar setiap potensi pelanggaran atau kerawanan dapat terdeteksi lebih awal dan diambil tindakan yang tepat," ujar Anggoro.

Kegiatan ini dibuka dengan pemaparan kebijakan terbaru oleh tim dari Kantor Imigrasi, termasuk klasifikasi visa dan potensi kerawanan yang mungkin timbul di Kota Batu.

Kobarkan Semangat Nasionalisme, Ribuan Santri Ikuti Apel dan Kirab HSN 2024 di Kota Batu

Selain itu, beberapa permasalahan yang disoroti dalam sesi tanya jawab meliputi perpanjangan ITAS bagi pelajar asing, sinkronisasi data keimigrasian, hingga potensi kerawanan keimigrasian di wilayah Kota Batu.

Kepala Divisi Keimigrasian Jawa Timur, Herdaus, mengapresiasi koordinasi yang terjalin selama kegiatan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title