Heboh Sampah Medis Di Buang Sembarangan di Pinggir Jalan Kota Malang

Tumpukan sampah medis di pinggir jalan Kota Malang
Sumber :
  • VIVA Malang

Malang, VIVA – Tumpukan sampah medis dibuang sembarangan di tembusan Jalan Simpang Mega Mendung dan Jalan Raya Tidar, Kota Malang. Warga yang mengetahui keberadaan sampah medis resah karena khawatir membahayakan lingkungan dan masyarakat. 

Rizky Boncell Direkrut Sedjuk Bakmi & Kopi Untuk Jadi Wali di Malang

Warga sekitar Surya Elang mengatakan, kemungkinan sampah medis tersebut dibuang pada Rabu, 23 Oktober 2024 pagi tadi. Karena pada hari sebelumnya Selasa, 22 Oktober 2024 saat dia melintas sampah tersebut tidak ada.

Tampaknsampah-sampah medis itu berupa ribuan alat suntik bekas, sarung tangan medis hingga popok. Dari tumpukan sampah medis itu terdapat bungkusan berwarna kuning bertuliskan Biohazard.

Bersama Ribuan Nahdliyin Salawat di Hari Santri, Abah Anton Doakan Pilkada Damai

"Saya tahunya jam 12.00 siang tadi, keliatannya buangnya pagi. Kemungkinan naik motor saat buang sampahnya," kata Surya. 

Surya mengungkapkan meski memperkirakan sampah dibuang pagi hari namun dirinya tidak mengetahui ciri-ciri orang yang membuang sampah medis di area ini. Sementara selama ini daerah tembusan Jalan Simpang Mega Mendung dan Jalan Raya Tidar sering dijadikan tempat pembuangan bekas material bangunan. 

Kejari Kota Malang Sita Aset Terpidana Dana Fiktif KSU Montana

"Biasanya memang sampah-sampah buang material disini. Kami menyayangkan apalagi bekas suntikan tercecer. Padahal itu ada papan tulisan bertanda dilarang membuang sampah di area ini," ujar Surya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengaku mereka baru mengetahui temuan sampah medis dibuang sembarangan. Mereka membuat langkah taktis dengan berkoordinasi bersama Puskesmas Mulyorejo untuk melakukan observasi dan pembersihan sampah medis yang berbahaya.

Halaman Selanjutnya
img_title