Polres Batu Klarifikasi Video Viral Dugaan Bullying di Kelurahan Temas, Ternyata Hoaks

Aparat Polres Batu saat datang ke lokasi diduga terjadi bullying
Sumber :
  • VIVA Malang (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Sebuah video yang sempat viral di media sosial, diunggah oleh akun Instagram @infobatusam mengenai dugaan kasus bullying di Kelurahan Temas, Kota Batu, telah diklarifikasi sebagai hoaks

Kesbangpol Ajak Ormas Sukseskan Pilkada 2024 Kota Batu

Video tersebut akhirnya dihapus oleh akun pengunggah setelah pihak Polres Batu dan Kelurahan Temas mendatangi langsung lokasi yang diisukan terjadi bullying.

Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata, mengatakan bahwa informasi yang tersebar di video tersebut tidak benar. Pihaknya segera melakukan investigasi begitu mengetahui adanya video viral tersebut. 

Pemkot Batu Merger Dua SDN untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

"Setelah kami melihat video itu, tim dari Satreskrim yang saya pimpin langsung menuju lokasi pondok yang diduga menjadi tempat kejadian. Bersama Pak Lurah dan tokoh masyarakat, kami memverifikasi bahwa tidak ada insiden bullying di tempat tersebut. Perlu diketahui, kejadian tersebut tidak terjadi di wilayah Kota Batu tapi di luar negeri," ujarnya, Rabu 25 September 2024.

Lebih lanjut, Andi mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya. 

Laka Beruntun di Jembatan Kali Lanang, Tiga Korban Luka-luka

"Kami berharap masyarakat tidak menyebarkan berita yang belum jelas sumbernya, baik melalui media sosial maupun akun pribadi. Penyebaran informasi yang tidak akurat dapat merugikan pihak-pihak terkait dan menciptakan keresahan di masyarakat," tegasnya.

Andi juga menyoroti kesalahan dalam penyebutan lokasi dalam video viral tersebut. Menurutnya, meski tindak pidana semacam itu memang bisa terjadi. Namun menyebutkan lokasi tanpa verifikasi terlebih dahulu sangat disesalkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title