Momen Kemerdekaan, Inayah Wahid Ajak Muda-Mudi Kunjungi Minha

Inayah Wulandari Wahid saat di Minha
Sumber :
  • VJVA Malang (Elok Aprianto/Jombang)

Jombang, VIVA – Pada momen Agustus atau bulan kemerdekaan, Inayah Wahid, putri Gus Dur, mengajak para generasi muda Indonesia, untuk berkunjung ke museum Islam Nusantara KH Hasyim Asy'ari (Minha).

Cak Nur Pastikan Diri Maju jadi Bacakada Melalui PKB

Ditemui sejumlah jurnalis di Minha, Inayah menjelaskan, pada kegiatan konferensi pemikiran Islam Indonesia, bertajuk kemerdekaan dan hari lahir Gus Dur, pihaknya mengajak para generasi muda untuk berkunjung ke Minha.

"Untuk mengajak masyarakat untuk ke Minha. Untuk ngomongin ada apa saja sih di dalam Minha. Jadi kita ngadain ini, sekalian acaranya kita ngomongin 17 an," katanya.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Ia menjelaskan bahwa di Minha ada tokoh-tokoh Islam, seperti KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim, Gus Dur, dan tokoh-tokoh lainnya.

"Jadi kita ingin ngajak para hadirin, agar tahu, sebenarnya peran para tokoh-tokoh islam Indonesia, dalam kemerdekaan Indonesia dalam membangun Indonesia itu apa (perannya)," ujarnya.

Ziarah ke Makam Gus Dur, Menko Polhukam Jamin Keamanan di Ruang Sidang MK

Dengan mengetahui sejarah pemikiran Islam Indonesia dari para tokoh-tokoh ini, menghilangkan segala asumsi bahwa Indonesia ini muncul secara tiba-tiba.

"Sehingga mereka tau, peran dari para tokoh-tokoh ini. Dan hari ini kita bisa ngapain aja. Kenapa memilih Indonesia ini menjadi negara demokrasi, kenapa gak negara islam, misalnya. Nah itu yang akan kita bahas di konferensi pemikiran Islam Indonesia," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title