Kota Pasuruan Raih Prestasi ODF 2024, Wali Kota Ajak Masyarakat Jaga Sanitasi

Wali Kota Pasuruan Gus Ipul menerima Sertifikat ODF
Sumber :
  • VIVA Malang (Hari Mujianto/Pasuruan)

Pasuruan, VIVAKota Pasuruan hari ini mencapai tonggak penting dalam bidang kesehatan dengan deklarasi Open Defecation Free (ODF) 2024. Hal ini menandakan bahwa seluruh warga Kota Pasuruan telah memiliki akses ke sanitasi yang layak dan tidak lagi buang air besar sembarangan.

Pemkot Pasuruan Serahkan Bantuan RTLH untuk Tingkatkan Kualitas Hunian Warga

Deklarasi ini dilakukan dalam acara khusus yang dihadiri oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, tim verifikasi ODF Provinsi Jawa Timur, para kepala OPD, camat, lurah, dan segenap komponen masyarakat.

Wali Kota Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian ini. 

Atlet Pasuruan Siap Berlaga di PON XXI, Targetkan Prestasi Terbaik

"Hari ini Kota Pasuruan telah mencapai satu titik yang merupakan prestasi dari sekian proses yang kita lewati khususnya di bidang kesehatan yaitu ODF," ujar Gus Ipul, Kamis, 11 Juli 2024. 

Ia menekankan pentingnya menjaga dan memelihara sanitasi yang telah tercapai. 

Karnaval Budaya Meriahkan HUT ke 79 RI di Kota Pasuruan

"Saya minta kepada para kepala UPTD, Camat, Lurah, dan segenap komponen masyarakat untuk bisa gandeng tangan bersama-sama menindaklanjuti deklarasi hari ini agar kita makin sehat. Mari kepada segenap warga untuk membuat sanitasi yang layak dan aman, serta mengurasnya secara rutin," kata Saifullah Yusuf. 

Ketua tim verifikasi ODF Provinsi Jawa Timur, Selvy Dwi Anggraini, menyampaikan hasil verifikasi yang menunjukkan bahwa Kota Pasuruan telah mencapai 96 persen sanitasi aman dan layak. 

Halaman Selanjutnya
img_title