Sambut Tahun Baru Islam, Warga Muharto Selatan Hidupkan Kembali Tradisi Pawai Obor

Tradisi pawai obor warga Muharto Selatan
Sumber :
  • Dokumentasi Warga

Malang, VIVA – Antusiasme warga Muharto Selatan, Kota Malang, Jawa Timur dalam menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah Tahun 2024 cukup meriah. Pasalnya, ratusan warga di sana menggelar tradisi pawai obor keliling kampung, tradisi yang sudah lama meredup di sana.

Ada Isu Duet Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin Warga Sukun Bakal Dukung di Pilwali Kota Malang

Ratusan warga terdiri dari anak-anak TPQ, remaja dan tua membaur melantunkan selawat keliling kampung pada Selasa, 9 Juli 2024 malam. Alhasil, suasana kampung malam itu tampak hidup dan meriah. 

Seperti diketahui, pawai obor merupakan salah satu tradisi di nusantara dalam merayakan tahun baru Islam. Tradisi pawai obor memiliki makna penerang dalam kegelapan. Dalam hal ini, agama Islam adalah cahaya api yang menerangi jalan bagi Umat Muslim.

Kak Fai Bikin Program Tebus Murah Sembako untuk Muslimat NU Kota Malang

Selain itu, tradisi pawai obor juga menjadi momen kebersamaan dan silaturahmi antar sesama dalam memohon perlindungan dan kemudahan kepada Allah SWT. Hal ini yang menjadi semangat utama warga Muharto Selatan kembali menghidupkan tradisi pawai obor tersebut.

Wakil Ketua RW 08 Abah Hasan menjelaskan jika tradisi pawai obor merupakan momentum untuk mengucapkan rasa syukur karena masih mendapat keberkahan selalu dari tahun ke tahun. Selain itu, kegiatan dilakukan untuk mempererat kebersamaan warga.

57 Ranting dan 5 Cabang PAN Kota Malang Mantab Deklarasi Dukung Kak Fai

''Ini kami lakukan kembali setelah sekian lama vakum. Momen ini menjadi awal semangat baru bagi kami dalam memperingati tahun baru Islam,'' terang Hasan.

Pembukaan Tradisi Pawai Obor Muharto Selatan

Photo :
  • Dokumentasi Warga
Halaman Selanjutnya
img_title