Dukung Pelajaran Bahasa Jawa, Pemkot Batu Luncurkan Buku

Launching buku pintar basa jawa
Sumber :
  • Prokopim KWB

Batu, VIVA – Komitmen untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa kepada generasi muda, Pemkot Batu meluncurkan buku pinter Basa Jawa karangan Kelompok Kerja Guru (KKG) Basa Jawa Kota Batu dengan Penerbit Buku Erlangga.

Tujuan Bawaslu Kota Batu Buka Posko Kawal Hak Pilih untuk Pilwali

Launching tersebut semakin meriah lantaran bebarengan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke 116, Senin 20 Mei 2024 di Balai Kota Among Tani.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan buku tersebut merupakan wujud komitmen memperkenalkan Budaya Jawa, mengajarkan nilai-nilai dan etika, serta mendukung pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah. 

Pisah Sambut Kepala Kejaksaan, Gus Ipul : Capaian Prestasi Kota Pasuruan Naik Signifikan

"Termasuk di dalamnya melestarikan budaya Bahasa Jawa sebagai warisan leluhur di tengah gempuran digitalisasi pada generasi saat ini, serta menyisipkan bahasa Jawa khas Jawa Timuran yang biasa dipergunakan masyarakat Kota Batu," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur ini mengaku sangat antusias dan mengapresiasi karya KKG Kota Batu ini yang telah berhasil menelurkan karya sebuah buku, Ia berharap buku ini akan menjadi panduan para pelajar dalam memahami Basa Jawa. 

Penemuan Jasad Bayi di Pemakaman Ngajum Diselidiki Polres Malang

"Buku ini sangat bagus karena menambah muatan lokal, bahasa Jawa khas Jawa Timuran yang biasa dipergunakan masyarakat Kota Batu dan Jawa Timur. Dengan demikian akan menambah khasanah bahasa daerah kita," ujarnya.

Perlu diketahui, dalam launching Buku Pinter Basa Jawa ditandai dengan simbolis penandatanganan cover buku oleh Pj Wali Kota Batu, diikuti dengan Jajaran Forkompimda Kota Batu, yaitu Kapolres Kota Batu, Kajari Kota Batu, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Pabung Kodim 0818 Malang-Batu yang turut hadir sebagai peserta Upacara Bendera.

Halaman Selanjutnya
img_title