Begini Penerapan KRIS di RSUD Jombang Pasca Pemerintah Hapus Kelas Layanan BPJS

Suasana pelayanan pasien BPJS Kesehatan di Ruang Nakula RSUD Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto

Jombang, VIVA – Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Pelaku Jambret di Mojoagung Jombang Belum Bisa Diperiksa Polisi, Ini Penyebabnya

Aturan baru tersebut berisi penghapusan kelas layanan 1, 2 dan 3 BPJS Kesehatan. Salah satunya mengatur penerapan fasilitas ruang perawatan rumah sakit kelas rawat inap standar (KRIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menindaklanjuti aturan tersebut, RSUD Jombang mulai berproses menerapkan aturan dari presiden Joko Widodo itu. Meski demikian belum semua ruangan yang ada di rumah sakit plat merah itu menerapkan KRIS.

RSUD Jombang Benarkan Rawat Pria Gelandangan yang Viral di Medsos

Direktur RSUD Jombang, Ma'murotus Sa'diyah menjelaskan, dengan adanya ketentuan tersebut pihaknya melakukan penyesuaian terhadap pemberlakuan KRIS.

"Kami menyesuaikan dengan ketentuan, secara regulasi dan kami sudah berproses saat ini," kata Ma'murotus, Kamis 16 Mei 2024.

Viral di Medsos, Pria Berstatus T4 asal Jombang Diduga Dibuang di Kediri

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dari 545 tempat tidur (TT) yang ada di beberapa ruangan, 50 persen lebih diantaranya telah menerapkan KRIS.

"Dari 545 TT, kami sudah berproses, sudah 54 persen menuju KRIS. Hampir sebagian besar sudah digunakan, sekitar 80 persen," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title