Flyover di Perlintasan KA Bandarkedungmulyo Jombang Jadi Alternatif Urai Kemacetan

Jalur arteri yang dekat dengan pintu perlintasan KA.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Aktivitas palang pintu perlintasan kereta api (KA) di jalur arteri Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan pada arus mudik maupun balik lebaran setiap tahun. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Pj Bupati Jombang, Sugiat pun bakal melakukan pengusulan pembangunan flyover di area tersebut. Usulan itu akan disampaikan pada pemerintah pusat untuk mengatasi kemacetan yang terjadi setiap tahun.

Sugiat mengatakan setiap tahun selama arus mudik maupun balik lebaran di jalur arteri yang mengarah ke simpang Mengkreng selalu terjadi kemacetan.

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

"Kita tau di Mengkreng memang tiap tahun di sana (macet), karena ada persimpangan, kemudian ada (perlintasan) kereta juga di sana," kata Sugiat, Minggu, 14 April 2024.

Ia menegaskan selama ini Pemerintah Kabupaten Jombang, beserta aparat kepolisian berupaya mengurai kemacetan dengan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. 

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

"Kemarin sudah dilakukan upaya-upaya, pengalihan arus, dan sebagainya, tetapi memang baru sedikit ya bisa mengurai, terjadinya kemacetan," ujar Sugiat.

Ia pun menjelaskan bahwa hal ini akan selalu menjadi evaluasi bersama, untuk melakukan pengaturan arus mudik maupun balik lebaran pada tahun-tahun mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title