Sidak Jelang Lebaran, TPID Jombang Temukan Makanan Kedaluarsa Hingga Tak Berizin di Afco

Tim TPID Jombang saat sidak di Afco.
Sumber :
  • VIVA Malang / Elok Apriyanto (Jombang)

Jombang, VIVA – Inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman (mamin), jelang lebaran atau Idul Fitri 2024 dilakukan oleh tim pengendali inflasi daerah (TPID). Hasilnya mereka menemukan makanan kedaluarsa hingga tak berizin di Afco.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Sidak mamin ini tidak hanya dilakukan gudang Afco yang ada di Jalan KH Wahab Hasbullah nomor 174, Tambakrejo Jombang, tapi tim TPID yang dipimpin Pj Bupati Jombang, Sugiat juga menyasar Superindo Linggarjati yang ada di jalan Wakhid Hasyim.

Ditemui sejumlah jurnalis Sugiat menjelaskan sidak TPID ini, dilakukan di dua lokasi berbeda yakni di Afco dan Superindo Linggarjati.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

"Ini untuk mengecek stok, karena kita harus memastikan kebutuhan masyarakat, ramadan dan idul Fitri bisa kita penuhi," kata Sugiat, Jumat, 5 April 2024.

Ia menyebut dari hasil sidak itu, ia menyebut stok kebutuhan bahan pokok masih aman. Namun ada temuan produk makanan yang kadaluarsa dan tak berizin di Afco.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

"Dari laporan manager tokonya sini (Superindo Linggarjati) cukup. Kalau di Superindo kita gak menemukan makanan yang kadaluarsa, tapi kalau di Afco tadi ada (makanan kedaluarsa) dan saya minta untuk ditarik," ujarnya.

"Perizinannya juga (tidak ada) karena itu produk dari UMKM. Memang kan teman-teman dari UMKM itu kan, kalau ngurus perizinan kan, kadang-kadang butuh semangat dan motivasi lagi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title