DPUPR Kota Batu Pastikan Jembatan Kali Paron Bisa Dilintasi saat Lebaran

Pembangunan jembatan Kali Paron.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pembangunan jembatan Kali Paron di Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sudah mulai rampung. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu memastikan ruas jalur alternatif di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji bisa dilintasi selama momen Lebaran 2024.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

"Progres pembangunan sudah mencapai 90 persen, walaupun belum rampung tapi kami pastikan secara fungsional ruas jalan bisa dilewati oleh masyarakat maupun wisatawan selama lebaran 2024," kata Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat, Jumat, 5 April 2024.

Menurutnya, kesiapan infrastruktur jembatan Kali Paron ini cukup penting mengingat di sana menjadi jalur alternatif penting guna mengurai kemacetan di ruas jalur utama di kawasan Sidomulyo. 

Peringatan Hari Buruh di Kota Malang Diwarnai Aksi 'Mberot'

''Makanya, kami kebut biar pemudik dan wisatawan merasa nyaman. Jadi nanti saat memperingati moment lebaran sudah bisa terlewati, sebelumnya saat proses perbaikan masyarakat atau pengendara diharuskan memutari jalan," ujarnya.

Alfi menargetkan pembangunan jembatan ini dapat rampung seluruhnya sebelum masa kontrak pada akhir April 2024. Jembatan Kali Paron merupakan bagian dari proyek revitalisasi Kali Paron yang didanai dari Anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp1,3 miliar. 

Momen Hardiknas 2024, Monumen Ki Hajar Dewantara di Jombang Terabaikan dan Kurang Terawat

"Untuk jembatannya Rp600 juta dan dan di musim libur lebaran ini sudah bisa digunakan. Nanti hanya tinggal finishing saja," tuturnya.

Perlu diketahui, pembangunan jembatan Kali Paron ini sudah dikerjakan sejak Maret 2024 lalu. Sebelum membangun, PUPR juga melakukan normalisasi dengan mengeruk material lumpur di bagian sungai yang kerap dilanda banjir tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title