Pemkot Pasuruan Tandatangani Komitmen Bersama Menuju Provinsi Jatim 100 Persen Stop BAB Sembarangan 

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo Tandatangani Komitmen SBS
Sumber :
  • VIVA Malang / Mochamad Rois (Pasuruan)

Pasuruan, VIVAWakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo atau Mas Adi menghadiri acara Dialog Membangun Komitmen Bersama Menuju Provinsi Jawa Timur 100 Persen Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Tahun 2024. Kegiatan ini digelar di Ruang Hayam Wuruk, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, pada pada Kamis, 28 Maret 2024 lalu. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Pada kesempatan dialog tersebut, dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama percepatan penuntasan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) oleh PJ Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota/Bupati di delapan Kabupaten/Kota di Jawa Timur lainnya. 

Mas Adi saat berdialog menyampaikan, dalam upaya stop BAB sembarangan, Pemkot Pasuruan telah memberikan bantuan pembangunan sanitasi kepada masyarakat. Tujuannya, untuk mengubah kebiasaan buang air besar sembarangan, sehingga kawasan open defecation free (ODF) bisa lebih cepat terealisasi.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

“Tentu, ini menjadi semangat kita semua untuk menyelesaikan permasalahan SBS. Di Kota Pasuruan, dari total 34 kelurahan, sudah ada 32 kelurahan yang sudah mendapat bantuan sanitasi," kata Mas Adi.

Lanjutnya, di tahun 2024 Pemkot Pasuruan telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan septic tank individu dan sambungan rumah (SR). Pasalnya, ketersediaan jamban ini menjadi salah satu indikator kesukseskan percepatan SBS. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

“Mengingat permasalahan SBS ini sangat penting, sebab dapat berdampak pada kesehatan masyarakat salah satunya stunting,” katanya.

Untuk itu, dalam hal ini Mas Adi menekankan pentingnya mensosialisasikan dan membangun kesepahaman bersama terkait stop BAB sembarangan dan lebih aktif melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title