Di Ponpes Tebuireng, Menko Polhukam Beberkan Upaya Pembebasan Pilot Susi Air

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • VIVA Malang / Elok Apriyanto (Jombang)

Jombang, VIVA – Berkunjung ke Ponpes Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto membeberkan perkembangan upaya pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Marthens.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

Hadi menyampaikan bahwa pemerintah saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk membebaskan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu dari penyanderaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Terkait pilot Susi, kita terus berkoordinasi melalui tokoh-tokoh, yang ada di Papua, dan itu terus kita laksanakan, terus kami berkoordinasi supaya capten Philip ini segera dibebaskan," kata Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto saat berada di Ponpes Tebuireng, Rabu, 27 Maret 2024.

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

Pihaknya menyebut upaya koordinasi dengan tokoh-tokoh di Papua salah satunya adalah bertemu dengan tokoh dari Kabupaten Nduga beberapa waktu yang lalu.

"Termasuk ketemu dengan tokoh-tokoh Nduga, kemarin. Terus ketemu tokoh agama, dan berupaya untuk bisa segera membebaskan capten Philip," ujarnya.

Dirjen HAM dan Pimpinan UPT Kemenkumham Jatim Kunjungan Kerja ke PT Taspen Cabang Malang

Selain itu, Hadi menegaskan bila kondisi terbaru pilot pesawat Susi Air itu dalam kondisi baik-baik saja.

"Capten Philip diinformasikan bahwa dalam kondisi baik, sehat dan mudah-mudahan didoakan saja, segera dibebaskan," tuturnya.