Setiap Hari Masjid di Kota Batu Ini Sedikan Ratusan hingga Ribuan Porsi Berbuka Puasa

Menu berbuka yang dihidangkan kepada masyarakat.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Masjid An Nur Batu yang bertempat di samping Utara Alun-alun memiliki tradisi rutin yang dilakukan setiap bulan Ramadan yaitu menyediakan ratusan porsi menu berbuka puasa bagi masyarakat.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

Bahkan menu yang setiap hari disajikan tak main-main yaitu berbahan baku olahan daging sapi dan menu bergizi serta enak. Setiap harinya para takmir masjid dibantu warga setempat menyediakan 500 sampai 600 porsi menu buka puasa gratis. 

Ketua Panitia Buka Puasa Masjid An Nur, Ibrahim mengatakan ratusan menu tersebut setiap hari mereka sajikan bagi siapapun yang datang ke masjid. 

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

"Jadi tidak hanya warga lokal Batu, ada saja para wisatawan ikut berbuka bersama. Apalagi kalau Sabtu-Minggu kami menyediakan sampai 1.000 porsi. Kami tetap mengupayakan agar menu buka puasa di masjid kita tetap bergizi dan layak dihidangkan," katanya, Rabu, 27 Maret 2024.

Beberapa menu antara lain nasi, daging sapi, dan lauk pauk lainnya, setiap hari ada menu berbeda yang disajikan. Total ada 7 menu yang disajikan tiap harinya oleh masjid antara lain Sop daging (Senin), Soto (Selasa), Kare daging sapi (Rabu), Sayur Asem dan empal (Kamis), Semur daging (Jumat), Rawon (Sabtu) dan Gulai (Minggu).

Dirjen HAM dan Pimpinan UPT Kemenkumham Jatim Kunjungan Kerja ke PT Taspen Cabang Malang

"Upaya ini kita lakukan karena masjid An Nur kerap menjadi transit bagi pengendara luar kota untuk beribadah. Hingga kini, tradisi itu tetap berjalan dengan dukungan dari banyak pihak," tuturnya.

Tahun 2024 ini, total ada 2 ekor sapi seberat 850 kilogram yang disembelih untuk dijadikan menu berbuka puasa gratis. Sapi ini didapat dari donasi jamaah, takmir masjid hingga para pejabat.

Halaman Selanjutnya
img_title