Kejar Predikat ODF Pemkab Jombang Kelola Limbah Warga Dengan Tangki Septik

Tangki septik yang dibangun untuk mengolah limbah
Sumber :
  • VIVA Malang / Elok Aprianto

Jombang, VIVA – Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), melakukan pengelolaan limbah rumahan. Pemkab Jombang ingin menjadi Kabupaten yang open defecation free (ODF). 

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Pengolahan limbah dalam bentuk pembuatan tangki septik, di beberapa rumah warga yang ada di sejumlah kawasan di kota santri ini. Tujuannya untuk mendorong pengurangan kemiskinan ekstrim dan stunting di Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas Perkim Jombang, Agung Hariadi, menjelaskan, pembangunan tangki septik adalah salah satu bentuk perhatian Pemkab Jombang untuk mendukung agar Jombang menjadi Kabupaten yang ODF.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Ia pun menyebut bahwa besaran dana pembangunan untuk tangki septik ini beragam, sesuai dengan program yang dilaksanakan dengan dana yang berbeda. 

"Target pembangunan bangunan utamanya berupa bangunan tangki septik," kata Agung, Jumat, 22 Maret 2024.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Lebih lanjut ia mengatakan Pemkab Jombang, melalui Dinas Perkim sudah aktif melaksanakan program pembangunan air limbah dengan membangun tangki septik.

"Pada tahun 2023 mendapat alokasi dana bersumber dari APBD, Dana DAK, dan Dana Insentif Daerah (DID), dimana dana tersebut digunakan untuk pembangunan tangki septik sebagai upaya untuk mendorong pengurangan kemiskinan ekstrim dan stunting di Kabupaten Jombang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title