Diduga Belum Kantongi Izin Perumahan di Kota Batu Terancam Ditutup

Perumahan Athena Hills di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pemerintah Kota Batu melakukan inspeksi mendadak di perumahan Athena Hills yang terletak di Jalan Gondorejo RT 1 RW 11, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat, 12 Januari 2024 kemarin. 

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Dalam sidak yang diikuti oleh tim pengawas terdiri dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP), dan Satpol PP Kota Batu menduga perumahan tersebut tidak mengantongi izin. 

Kepala Bidang Perumahan DPKP Kota Batu, Prasetyo Bagus Wicaksono membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pihak perumahan atau pengembang sebatas mendaftarkan izin melalui Online Single Submision (OSS).

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

"Jadi izinnya hanya dimasukkan melalui OSS, dan dilihat oleh pihak perizinan memang sudah masuk. Cuma belum ada progres dari yang mengurusi atau biro jasa yang membantu mereka. Artinya perumahan ini tidak mengantongi izin," kata Prasetyo, Sabtu 13 Januari 2024.

Setelah mendatangi langsung ke lokasi dan mendapat penjelasan dari perwakilan pengembang, pihaknya merekomendasikan agar pembangunan dihentikan terlebih dahulu sampai perizinannya lengkap. 

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

"Sebenarnya kita tidak mau menghalangi investasi seperti yang digembar-gemborkan oleh pemerintah pusat, kita suport investasi. Tapi kalau tidak sesuai ketentuan teknis maka kita tidak bisa melayani legalitas yang dimohon, jika dibiarkan tentu bisa merugikan developer dan konsumen," ujar Prasetyo. 

Terlebih dari pantauan tim pengawas, nampak di sisi lahan ada saluran tapi tidak ada sepadannya, walaupun hanya saluran pertanian. Selain itu pihaknya juga akan melihat site plan yang ada.

Halaman Selanjutnya
img_title