Ekskavasi Hari ke 7 Situs Mbah Blawu di Jombang, Peneliti Temukan Kerusakan Situs

Ekskavasi situs Mbah Blawu
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVAEkskavasi ke III situs Mbah Blawu yang terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memasuki hari ke 7.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Pada ekskavasi ini, tim dari BPK Wilayah XI Jawa Timur menemukan kerusakan situs yang masih di setiap bidang tanah yang mereka gali.

Albertus Agung Vidi Susanto selaku Pamong Budaya Ahli Pertama BPK Wilayah XI Jawa Timur mengatakan, dalam ekskavasi hari ini, Senin 20 November 2023, tim peneliti menemukan gejala pengrusakan yang masif pada situs Mbah Blawu.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Ekskavasi hari ke 7 kita masih menemukan gejala pengrusakan yang masif. Artinya di setiap stratifikasi tanah yang kita gali, kita kupas di beberapa kotak, yang kita coba ungkap," kata Vidi.

Hal ini terlihat dengan adanya indikasi kerusakan pada lingkungan yang ada di situs Mbah Blawu.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Indikasinya lapisan itu, memang sangat parah teraduknya. Fragmen-fragmen bata itu tersebar, cukup merata masif, namun kondisinya memang bekas-bekas yang memang sudah rusak lingkungan di situs Mbah Blawu ini," ujar Vidi.

Ia pun menyebut ekskavasi tahap III ini melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang untuk membersihkan limbah B3 yang mengelilingi situs. 

Halaman Selanjutnya
img_title