DLH Jombang Temukan Penyebab Debu Serbuk Kayu Cemari Udara Warga Tunggorono

Warga demo pabrik pengolahan kayu di Tunggorono
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Aksi blokade warga Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur terhadap pabrik pengolahan kayu yang diduga melakukan pencemaran udara, berupa debu serbuk kayu.

Hilang Kendali Pasutri Alami Laka Maut di Pujon

Pemblokadean pintu gerbang pabrik tersebut, dikarenakan tak adanya solusi untuk mengatasi persoalan debu serbuk kayu yang mengganggu aktivitas warga setempat, selama tiga bulan lebih.

Kabid Pengendalian Pengawasan dan Penegakan Hukum Lingkungan DLH Jombang, Yuli Inayati, pihak DLH baru mendapat laporan dari warga Tunggorono secara resmi pada tanggal 6 September 2023.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Awasi Orang Asing Lewat Operasi JAGRATARA

Meski, sambung Ina, warga mengaku telah terganggu aktifitasnya oleh debu serbuk kayu dari pabrik pengolahan kayu, sejak bulan Juli kemarin.

Setelah menerima, laporan tersebut, pihaknya segera mendatangi pabrik pengolahan kayu di Desa Tunggorono. Dan dari hasil pemeriksaan DLH di pabrik tersebut diketahui memang ada beberapa hal yang menyebabkan debu serbuk kayu berterbangan di udara dan mengganggu aktivitas warga.

UMM Jadi yang Terbanyak se-Indonesia Dalam Loloskan Proposal di P2MW

"Memang ada kerusakan, dua alat pengendali pencemaran udaranya. Terus karena ada perubahan penggunaan bahan baku, sehingga mempengaruhi kinerjanya (alat pengendali pencemaran udara), sehingga tidak bisa optimal," kata Ina, Kamis, 5 Oktober 2023.

"Kalau misalnya mereka bisa menghisap (alat pengendali pencemaran udara) mungkin ukuran limbahnya (serbuk kayu), misalnya besar, nah kalau ini (ganti bahan baku) sangat halus begitu, makanya berat jenisnya lebih rendah daripada bahan baku sebelumnya, itulah yang mempengaruhi kinerja alat pengendali pencemaran udaranya," ujar Ina.

Halaman Selanjutnya
img_title