Warga Keluhkan Debu Kayu hingga Mengungsi, Polisi : Ada Kerusakan Mesin Pabrik

Polsek Jombang saat mendatangi kantor Desa Tunggorono
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVAPolisi merespon keluhan warga Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang yang terdampak polusi serbuk kayu, hasil pengolahan pabrik kayu di desa setempat. Polisi menemukan penyebab adanya debu serbuk kayu yang menyebabkan gangguan saluran pernapasan pada tiga balita yang ada di RT 1, dan RT 2, RW 2, Dusun Tunggorono.

Ledakan Bom Ikan Terjadi di Pasuruan, 1 Tewas, 5 Bangunan Rusak

Kapolsek Jombang, AKP Soesilo mengatakan, dari hasil mediasi yang dilakukan pihak Desa. Polisi mengaku bahwa persoalan polusi udara yang diakibatkan serbuk kayu itu, dikarenakan adanya kerusakan alat dalam pabrik pengolahan kayu di Desa tersebut.

"Setelah ada keluhan warga terkait polusi, kepala desa bersama tiga pilar menghubungi direktur PT Senfong diterima bapak Samsul (manager perusahaan), yang membenarkan ada kerusakan di mesin boiler dan saat ini produksi di pabrik tersebut dihentikan," kata Soesilo, Minggu, 1 September 2023.

EKRUTES.ID Bantu Pencari Kerja Lewat Program Khusus

Hingga kini belum ada solusi atas debu serbuk kayu yang dikeluhkan warga Dusun Tunggorono, Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang Jawa Timur, bahkan warga memilih untuk mengungsi.

Ketua RT 1 RW 2, Dusun Tunggorono Karsono mengatakan akibat dampak debu serbuk kayu dari pabrik pengolahan kayu di Desanya, belum ada solusi dari pemerintah maupun pihak perusahaan.

Atlet Downhill Asal Kota Batu Berhasil Jadi Juara Asian Mountain Bike di Malaysia

"Sampai sekarang tidak ada perubahan. Saya menilai bahkan sangat parah sekarang," ujar Karsono. 

Ia mengaku debu serbuk kayu yang berada di rumah warga di Gang I Dusun Tunggorono itu kian parah setiap harinya. Dua warga di RT nya bahkan dilaporkan mengungsi ke rumahnya yang ada di Desa Sengon. 

Halaman Selanjutnya
img_title